Rabu 27 Jan 2021 19:00 WIB

Biden, Putin Bahas Sejumlah Masalah AS-Rusia Lewat Telepon

Kedua presiden sepakat untuk menjaga komunikasi yang transparan dan konsisten

Red: Nur Aini
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berdiskusi lewat telepon dengan rekan sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (26/1).
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berdiskusi lewat telepon dengan rekan sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (26/1).

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Joe Biden berdiskusi lewat telepon dengan rekan sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (26/1).

Baca Juga

Keduanya membahas sejumlah masalah yang melibatkan AS-Rusia di antaranya peretasan SolarWinds, laporan pemberian hadiah oleh Rusia kepada tentara Amerika di Afghanistan, campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2020, dan upaya pembunuhan Aleksey Navalny.

"Biden dan Putin membahas kesediaan kedua negara untuk memperpanjang New START lima tahun lagi, serta menyetujui tim mereka agar segera bekerja untuk menyelesaikan perpanjangan paling lambat 5 Februari," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan merujuk pada Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru.

Biden juga menegaskan kepada Putin bahwa Washington akan membela kepentingannya sebagai tanggapan atas tindakan Moskow "yang merugikan AS atau sekutu AS".

"Kedua presiden sepakat untuk menjaga komunikasi yang transparan dan konsisten," tambah Gedung Putih.

Keduanya pun sepakat untuk mengeksplorasi diskusi tentang kontrol senjata dan masalah keamanan.

Dalam kesempatan yang sama, Biden juga menegaskan kembali dukungan AS untuk kedaulatan Ukraina.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-putin-bahas-sejumlah-masalah-as-rusia-lewat-telepon-/2124466
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement