Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

PMI Ajak Penyintas Covid-19 Depok Donor Plasma Konvalesen

Selasa 26 Jan 2021 19:01 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Donor Plasma Konvalesen

Donor Plasma Konvalesen

Foto: Republika
Ajakan terutama pada yang pernah mengalami gejala Covid -19 sedang hingga berat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- PMI Kota Depok mengajak seluruh penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Donor ini sudah dipelajari secara medis sebagai alternatif terapi pemulihan bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit (RS).

"Donor plasma konvalesen ini dipastikan aman dan telah melalui uji skrining yang cukup ketat. Saya mengajak seluruh penyintas Covid-19, utamanya yang pernah mengalami gejala sedang hingga berat, untuk menyumbangkan plasma konvalesen di PMI Kota Depok," ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz di Kantor PMI Kota Depok, Selasa (26/1).

Menurut Dudi, dirinya merupakan salah satu calon pendonor plasma kovalesen yang telah lolos uji skrining dan sudah melakukan transfusi. Dia mengakui, pasca donor plasma, tidak ada keluhan berarti, hanya sedikit pusing dan lemas beberapa saat. “Saya sudah donor plasma dan tidak ada keluhan berat. Artinya, donor ini benar-benar aman,” terangnya.

Baca Juga

Dudi menjelaskan, saat ini rumah sakit sangat membutuhkan ketersediaan plasma konvalesen dari penyintas Covid-19. Oleh karena itu, dia berharap, penyintas yang memiliki kriteria yang dimaksud, bersedia mendonorkan plasmanya. "Ayo donorkan plasma konvalesen demi membantu sesama," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA