Senin 25 Jan 2021 18:06 WIB

Nadiem: Anak Vokasi Zaman Now Harus Pandai Beradaptasi

Filosofi pendidikan bukanlah mengisi pemikiran siswa dengan berbagai macam teori.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ratna Puspita
Mendikbud RI, Nadiem Makarim
Foto: Kemendikbud RI
Mendikbud RI, Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan siswa dan mahasiswa vokasi zaman sekarang harus pandai beradaptasi. Sebab, dunia berubah dengan cepat dan banyak hal-hal baru yang menuntut manusia untuk beradaptasi. 

"Adaptasi dan adopsi terhadap teknologi serta literasi digital sudah menjadi suatu keharusan yang perlu dikuasai oleh generasi-generasi masa sekarang, khususnya anak vokasi zaman now," kata Nadiem, dalam webinar Dies Natalis Ditjen Vokasi, Senin (25/1). 

Baca Juga

Ia mengatakan filosofi pendidikan bukanlah mengisi pemikiran siswa dengan berbagai macam teori. Namun, pendidikan turut mendukung anak-anak bangsa dengan semangat belajar yang menyenangkan sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. 

Nadiem mengatakan, sebagai akibat dari perkembangan teknologi digital, saat ini banyak tumbuh profesi baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Karena itu, adaptasi terhadap kondisi zaman menjadi hal yang sangat penting. 

Selain tumbuhnya pekerjaan-pekerjaan baru, pekerjaan lainnya juga menghilang karena digantikan oleh teknologi. Ketidakpastian ini, kata Nadiem juga diperkuat dengan krisi global pandemi. 

"Sebagaimana petuah bijak, yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri, dan satu-satunya yang pasti mengenai masa depan adalah ketidakpastian. Oleh karena itu, jadilah pembelajar sepanjang hayat," kata dia lagi. 

Ia juga mendorong agar anak-anak pendidikan vokasi bisa mengenali diri dan bakat masing-masing. Menurutnya, penting bagi anak bangsa untuk menemukan hal yang disukainya sehingga mampu melakukan sesuatu dengan ikhlas dan memberikan yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement