Senin 25 Jan 2021 11:49 WIB

Jumlah Wakaf Uang di Perbankan Capai Rp 328 Miliar

Nilai proyek yang berbasis wakaf mencapai Rp 597 miliar.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Nasional Wakaf Uang diharapkan menjadi motor penggerak peningkatan pengumpulan wakaf uang di Indonesia. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan realisasi wakaf tunai saat ini masih jauh dari potensi yang ada.

"Gerakan nasional wakaf uang diharap bisa mengembangkan lebih jauh berbagai inisiatif yang sudah berjalan untuk menjaga momentum pengumpulan wakaf uang ini," katanya dalam Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah, Senin (25/1).

Baca Juga

Menurut data per 20 Desember 2020, total wakaf tunai atau wakaf uang yang sudah terkumpul melalui dan dititipkan di bank adalah sebesar Rp 328 miliar. Sementara, proyek yang berbasis wakaf mencapai Rp 597 miliar. Hingga saat ini juga sudah terkumpul lebih dari Rp 54 miliar dalam bentuk Cash Waqf Linked Sukuk.

Sri mengatakan pengembangan sektor dana sosial syariah atau filantropi Islam, termasuk didalamnya zakat, infaq, sedekah, wakaf, merupakan bagian yang berpotensi sangat strategis. Dana sosial syariah selama ini sudah mendukung upaya pembangunan, pemberantasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement