Senin 25 Jan 2021 00:05 WIB

Sejumlah Desa di Garut Kembangkan Kopi Komoditas Unggulan

Pemerintah desa lebih banyak mengembangkan jenis kopi arabika. 

Petani memetik kopi arabika di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.
Foto: ANTARA/SENO
Petani memetik kopi arabika di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sejumlah desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengembangkan produk kopi. Pengembangan produk kopi sebagai komoditas unggulan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desanya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Garut Ardhy Firdian di Garut, Minggu, mengatakan beberapa desa, yang wilayahnya memiliki kebun kopi, sudah mengembangkannya menjadi produk usaha unggulan. "Mereka memiliki potensi yang cukup besar di samping melihat juga bahwa komoditas (kopi) ini memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus," kata Ardhy, Ahad (24/1).

Dia menyebutkan, desa yang sudah mulai mengembangkan potensi kopi di daerahnya yaitu di Kecamatan Cisurupan, Pasirwangi, Cikajang, Tarogong Kaler, dan Malangbong.

Pemerintah daerah, kata dia, selama ini terus mendorong pengembangan produksi kopi dari Garut, berikut melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas kopi mulai dari panen sampai pembentukan kelompok taninya.

 

"Sebagai pembina komoditas, kita tetap fokus pada upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas biji kopi yang dihasilkan melalui pembinaan di aspek budi daya, pascapanen, serta kelembagaan kelompok taninya," kata Ardhy.

Dia menyampaikan, saat ini, pemerintah desa lebih banyak mengembangkan jenis kopi arabika yang sudah melakukan tahapan pengemasan atau siap jual melalui BUMdes.

"Sudah sampai produk kemasan, yang umumnya dikelola bersama dengan BUMDes," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement