Sabtu 23 Jan 2021 02:32 WIB

Kepala BNPB Apresiasi Keterlibatan KNPI Bantu Korban Bencana

Banyak bencana di Indonesia, mulai gempa, banjir, dan erupsi gunung pada awal 2021.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo berbincang dengan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama.
Foto: Dok
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo berbincang dengan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar aksi kemanusian dengan memberikan bantuan kepada korban, dan mengunjungi langsung sejumlah wilayah yang terdampak bencana. Aksi nyata DPP KNPI tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama.

Aksi simpatik DPP KNPI mendapat diapresiasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo. Bahkan, pengurus DPP KNPI sempat diterima Doni untuk audiensi membahas aksi pascagempa ketika Doni mengunjungi Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (21/1).

"Kepala BNPB mengapresiasi seluruh kawan-kawan KNPI yang menjadi salah satu garda terdepan dalam misi kemanusiaan dalam membantu korban bencana alam di Indonesia,” ujar Haris mengutip perkataan Doni di Jakarta, Jumat (22/1).

Haris melanjutkan, BNPB juga berharap KNPI sebagai organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia, agar terus bergerak membantu korban bencana alam di Indonesia. Hal itu lantaran banyak bencana terjadi pada awal 2021.

 

"Terjadi bencana di berbagai daerah seperti gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, Manado, dan beberapa wilayah di Pulau Jawa, erupsi Gunung Semeru pada awal tahun 2021 ini,” ujarnya.

Haris bersama Sekjen DPP KNPI Jackson Kumaat juga mendatangi wilayah yang terdampak banjir besar di wilayah Kalimantan Selatan. Bahkan, keduanya nekat menerjang banjir besar di Banjarmasin dan Banjarbaru untuk menyalurkan bantuan.

“Bantuan ini merupakan bantuan dari pengurus DPP KNPI, senior dan alumni KNPI, bukti kepedulian pemuda Indonesia terhadap masyarakat yang terkena bencana,” kata Haris.

Setelah itu, Haris dan pengurus DPP KNPI lainnya terbang ke Sulbar, tepatnya di Majene dan Mamuju untuk memberi bantuan. Dalam lawatannya, Haris menuju ke lokasi yang terisolasasi dan terkena dampak parah gempa tersebut. “Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban mereka,” kata Haris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement