Jumat 22 Jan 2021 16:20 WIB

Elnusa Lakukan Pengeboran Sumur Baru di Blok Mahakam

Elnusa telah sukses menyelesaikan pengeboran sumur pertama pada kedalaman 1.215 meter

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
 PT Elnusa Tbk (Elnusa), membuka lembaran baru di tahun 2021 dengan mendukung kegiatan pengeboran sumur baru di Blok Mahakam untuk Pertamina Hulu Mahakam. (ilustrasi)
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
PT Elnusa Tbk (Elnusa), membuka lembaran baru di tahun 2021 dengan mendukung kegiatan pengeboran sumur baru di Blok Mahakam untuk Pertamina Hulu Mahakam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Elnusa Tbk (Elnusa) membuka lembaran baru di tahun 2021 dengan mendukung kegiatan pengeboran sumur baru di Blok Mahakam untuk Pertamina Hulu Mahakam. Elnusa pada pekerjaan ini menggunakan Hydraulic Workover Unit (HWU) Drilling EHR-12 yang di fabrikasi secara mandiri, sehingga dapat menggantikan peran Jack up Rig dalam kegiatan pengeboran sumur baru.

HWU umumnya digunakan untuk kerja ulang sumur tua sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya kembali. Pekerjaan pengeboran menggunakan HWU EHR-12 ini akan berlangsung selama tiga bulan dan memiliki target pengeboran sebanyak lima sumur. Hingga saat ini, Elnusa telah sukses menyelesaikan pengeboran sumur pertama pada kedalaman 1.215 meter, dalam waktu 19 hari.

Baca Juga

VP of Well Construction and Intervention Pertamina Hulu Mahakam, Fata Yunus, mengatakan, keberhasilan ini merupakan buah karya sinergi Anak Perusahaan Pertamina, PHM dan Elnusa yang konsisten terus semangat mengembangkan inovasi dan memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga produksi migas nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Kolaborasi yang solid antara PHM dan Elnusa, mulai dari desain, fabrikasi peralatan dan eksekusi sehingga proyek HWU Drilling ini berhasil dilakukan dengan aman,” ucapnya.

Fata menambahkan, PHM memberikan apresiasi kepada seluruh tim dan mitra kerja yang terlibat, atas kerja samanya yang baik, terutama kepada Elnusa selaku pelaksana kerja, dan telah berhasil membuka peluang besar kedepannya dengan upaya terobosan teknologi baru guna meng-unlock cadangan minyak dan gas di wilayah kerja Mahakam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement