Kamis 21 Jan 2021 18:44 WIB

Satgas Minta Daerah Siapkan Posko Bencana

Posko bencana berperan vital sebagai pusat bantuan dan koordinasi di masa darurat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: BNPB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta daerah agar memberdayakan posko bencana di masing-masing wilayahnya untuk penanganan bencana alam dan juga wabah virus corona. Posko bencana di daerah memiliki peran vital sebagai pusat bantuan dan koordinasi di masa darurat saat ini.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, posko bencana ini dapat membantu pemerintah daerah dalam memegang kendali penanganan bencana yang terjadi. “Melalui posko ini, Satgas yakin penanggulangan pandemi serta bencana alam dapat dilakukan lebih efektif dan efisien,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/1).

Baca Juga

Satgas juga meminta agar di setiap posko bencana di daerah juga melibatkan peran serta BPBD, dinas kesehatan daerah, Satpol PP, TNI dan Polri, Kemenkominfo, badan intelijen daerah, hingga para relawan. Terkait dengan penanganan pandemi, Wiku menjelaskan posko ini dapat digunakan untuk memantau risiko penularan Covid-19 di masyarakat sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin.

Sedangkan terkait dengan penanggulangan bencana alam, posko bencana dapat menjadi pusat pengumpulan dan penyaluran bantuan. “Adanya posko-posko ini di tiap daerah mencerminkan usaha pemerintah daerah, setiap lapisan masyarakat untuk bahu-membahu menghadapi bencana,” kata dia.

Karena itu, Satgas meminta daerah yang belum memiliki posko bencana agar menyiapkan anggaran untuk pengadaan posko baik dari tingkat kelurahan hingga provinsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement