Kamis 21 Jan 2021 16:15 WIB

Cara Terbebas dari Godaan Setan Menurut Alquran dan Sunnah

Alquran dan sunnah memberikan cara menghindari godaan setan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran dan sunnah memberikan cara menghindari godaan setan. ilustrasi setan
Foto: thesatanictemple.com
Alquran dan sunnah memberikan cara menghindari godaan setan. ilustrasi setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tujuan utama setan menggoda anak Adam dan keturunannya yaitu karena setan tidak pernah mau mematuhi Allah SWT. 

Karena itu, setan ingin membuktikan bahwa mereka lebih baik daripada Adam dan keturunan dengan menjerumuskannya pada perkara yang bertentangan dengan perintah Allah SWT. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

إِنْ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ إِلَّا إِنَاثًا وَإِنْ يَدْعُونَ إِلَّا شَيْطَانًا مَرِيدًا لَعَنَهُ اللَّهُ ۘ وَقَالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبَادِكَ نَصِيبًا مَفْرُوضًا وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِينًا يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ ۖ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلَّا غُرُورًا

"Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka, yang dilaknati Allah, dan setan itu mengatakan, 'Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak).

Lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya'. Siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka." (QS An-Nisa: 117-120) 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement