Kamis 21 Jan 2021 14:20 WIB

Indonesia Berharap Joe Biden Positif untuk Palestina

Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih damai.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyampaikan selamat atas dilantiknya Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, Kamis (21/1). Indonesia memiliki sejumlah harapan untuk pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Biden, termasuk soal Palestina.

"Selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Amerika Kamala Harris yang baru," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1).

Baca Juga

Presiden Joko Widodo juga telah mengucapkan selamat kepada presiden ke-46 AS terpilih dan wakilnya, Harris, melalui akun resmi Twitter Presiden RI. Dengan adanya pemerintahan baru AS, sebagaimana negara lain di dunia, Indonesia memiliki harapan besar.

Harapan kemudian semakin besar saat dunia menghadapi gejolak untuk menata perdamaian dan stabilitas dunia di tengah menajamnya rivalitas di antara negara-negara besar. Indonesia dalam hal ini mengharapkan komitmen AS terhadap pemeliharaan perdamaian, termasuk soal isu Palestina.

"Indonesia mengharapkan kontribusi positif Amerika terhadap penyelesaian isu Palestina-Israel yang berkeadilan sesuai dengan berbagai resolusi PBB maupun parameter internasional yang disepakati," ujar Menlu Retno.

Secara tegas, Indonesia merujuk pada solusi dua negara pada konflik Palestina dan Israel. Di tengah makin rentannya perdamaian dan stabilitas dunia, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih aman, damai, dan stabil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement