Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Bupati Cirebon Minta BBWS Keruk Sungai

Rabu 20 Jan 2021 06:42 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

Bupati Cirebon, Imron

Bupati Cirebon, Imron

Foto: Foto: Dok Humas Pemkab Cirebon
Ada 25 sungai di Kabupaten Cirebon yang berada dalam tanggung jawab BBWS.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Penyempitan dan pendangkalan sungai menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon. Pemkab Cirebon meminta kepada pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk mengatasi kondisi tersebut.

"Kami akan mengirimkan surat ke kementerian dan berkoordinasi dengan BBWS untuk bisa segera mengeruk sungai yang ada di Kabupaten Cirebon,'' kata Bupati Cirebon, Imron, saat mengunjungi lokasi banjir di Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranengggala, Kabupaten Cirebon, Selasa (19/1).

Imron menyebutkan, ada 25 sungai di Kabupaten Cirebon yang berada dalam tanggung jawab BBWS. Karena itu, dia berharap adanya pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan untuk mencegah terjadinya kembali musibah banjir.

photo
Jalur kereta api (KA) di KM 252+5/7 antara Stasiun Ketanggungan – Ciledug, Kabupaten Cirebon, terendam banjir luapan Sungai Cisanggarung. Akibatnya, jalur tersebut tidak bisa dilalui KA sehingga mengganggu perjalanan KA. (Ilustrasi)-(dok. Humas Daop 3 Cirebon)
 
Dalam kunjungannya itu, Imron menuturkan, penyebab banjir yang terjadi di Desa Suranenggala Kulon adalah akibat adanya penyempitan sungai Winong. Selain itu, sungai juga mengalami pendangkalan sehingga tidak dapat menampung air dengan volume yang besar. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA