Rabu 20 Jan 2021 02:59 WIB

Realisasi Ekspor Kota Pekalongan Tembus Rp 368,5 Miliar

Sebanyak 21 pelaku eksportir ini sudah memenuhi syarat untuk melakukan ekspor.

Realisasi Ekspor Kota Pekalongan Tembus Rp 368,5 Miliar (ilustrasi).
Foto: ANTARA /Harviyan Perdana Putra
Realisasi Ekspor Kota Pekalongan Tembus Rp 368,5 Miliar (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PEKALONGAN -- Realisasi ekspor Kota Pekalongan, Jawa Tengah selama 2020 menembus Rp368,5 miliar atau sekitar 25,437 juta dolar AS meningkat dibanding sebelumnya Rp313 miliar atau 22,9 juta dolar AS.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan Sri Haryati mengatakan bahwa kenaikan jumlah ekspor ini juga diikuti dengan kenaikan volume ekspor yang dihasilkan oleh 21 eksportir.

"Realisasi ekspor pada 2020 ini mampu melampaui target yang ditetapkan sebesar 19,19 juta dolar AS," katanya  di Pekalongan, Selasa (20/1).

Sebanyak 21 pelaku eksportir ini sudah memenuhi syarat untuk melakukan ekspor seperti harus memiliki izin dan terdapat "show room-nya" sesuai dengan aturan yang berlaku. Sejumlah pelaku usaha ekspor ini, merupakan eksportir baru yang semula masih berkategori UMKM namun mereka sudah berani melakukan ekspor.

 

Haryati mengatakan pada awal pandemi COVID-19, sejumlah pelaku usaha tidak mengekspor produknya tetapi setelah adanya aturan adaptasi kebiasaan baru oleh pemerintah, mereka kembali melakukan ekspor barang.

Adapun komoditi unggulan yang diekspor, kata dia, didominasi kerajinan sarung batik, kain batik, dan mi instan. "Untuk negara tujuan ekspor antara lain Singapura, Thailand, Tanzania, Malaysia, dan Korea. Kami juga mengeskpor komoditi terbarunya yaitu 'crab shell pellet' ke Jepang," ujar Sri Haryati.

Setelah diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru, para pelaku eksportir merasa nyaman karena tidak ada kendala dalam pengiriman barang ke sejumlah negara. "Kami berharap dan terus mendorong pencapaian nilai ekspor pada tahun berikutnya agar bisa semakin meningkat, khususnya para pelaku UMKM dapat mandiri," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement