Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

25 Ribu Personel Jaga Pelantikan Joe Biden, FBI Ikut Turun

Rabu 20 Jan 2021 01:51 WIB

Red: Nur Aini

Pengawal Nasional berjalan menuju Capitol karena keamanan diperkuat menjelang upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden Senin, 18 Januari 2021, di Washington.

Pengawal Nasional berjalan menuju Capitol karena keamanan diperkuat menjelang upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden Senin, 18 Januari 2021, di Washington.

Foto: AP/John Minchillo
FBI mengecek rekam jejak lebih dari 25 ribu personel pasukan Garda Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan Amerika Serikat Christopher Miller pada Senin (18/1) mengatakan Biro Investigasi Federal (FBI) membantu militer memeriksa identitas dan rekam jejak lebih dari 25.000 pasukan Garda Nasional di Washington.

Puluhan ribu pasukan Garda Nasional itu dikerahkan oleh pemerintah untuk menjaga Gedung Kongres, Capitol, dan mengawal acara pelantikan presiden AS terpilih, Joe Biden, Rabu (20/1).

Pemerintah AS untuk pertama kalinya mengerahkan pasukan dari Garda Nasional dalam jumlah besar di Capitol setelah adanya bentrok antara massa pendukung Trump dan polisi di Gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021. Akibat insiden itu, lima orang tewas dan banyak anggota dewan yang terpaksa bersembunyi karena takut diburu massa.

Baca Juga

Tidak hanya pengerahan pasukan, aparat keamanan juga memasang pagar kawat besi dan melarang masyarakat untuk mendekat ke kawasan tertentu, utamanya Capitol dan daerah di sekitarnya.

Miller melalui pernyataan tertulisnya, Senin (18/1), mengatakan pemeriksaan terhadap pasukan bantuan itu umum dilakukan pada acara-acara besar. Sejauh ini belum ada laporan intelijen yang menyatakan bahwa ada ancaman dari dalam untuk acara pelantikan presiden, kata Miller.

"Kami akan memeriksa seluruh aspek yang ada demi mengamankan ibu kota," sebut Miller menegaskan.

Ia mengapresiasi bantuan yang diberikan FBI untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA