Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

PMI Yogyakarta Mulai Layani Donor Plasma Konvalesen

Selasa 19 Jan 2021 21:10 WIB

Red: Ani Nursalikah

PMI Yogyakarta Mulai Layani Donor Plasma Konvalesen. Penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesennya.

PMI Yogyakarta Mulai Layani Donor Plasma Konvalesen. Penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesennya.

Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Diutamakan calon pendonor adalah laki-laki berusia 18-60 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melayani donor plasma konvalesen dari dua penyintas Covid-19.

"Mulai hari ini, Selasa (19/1) sudah ada dua orang yang mendonorkan plasma konvalesen," kata Ketua PMI DIY Irjen Pol (Purn) R.M. Haka Astana, Selasa (19/1).

Baca Juga

Pada Senin (18/1) ada enam calon pendonor plasma yang datang di Unit Donor Darah PMI Kota Yogyakarta untuk pengambilan sampel dan pemeriksaan antibodi. Namun demikian, dari enam orang itu, baru dua orang yang telah melakukan donor plasma konvalesen.

"Saat ini, pelayanan baru di Unit Donor Darah PMI Kota Yogyakarta. Namun, saya berharap semua Unit Donor Darah PMI di DIY juga bisa melayani," kata dia.

Dia berharap para penyintas Covid-19 dapat membantu sesama dengan menyumbangkan plasmanya. Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan digunakan sebagai salah satu terapi pasien Covid-19 yang sedang dalam masa perawatan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA