Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Korpri Imbau ASN Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Darah

Selasa 19 Jan 2021 11:32 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh Sh, MH usai menandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Jumat (11/1).

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh Sh, MH usai menandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Jumat (11/1).

Foto: Yogi Ardhi/Republika
PMI membutuhkan lima ribu pendonor plasma setiap bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh ASN penyintas (survivor) Covid-19 bersedia menjadi donor konvalesen. Zudan mengatakan, donor plasma konvalesen saat ini banyak dicari, namun ketersediaannya terbatas karena banyak yang membutuhkan.

Zudan berharap ASN penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat sukarela untuk mendonorkan plasma konvalesen. "Ini adalah tindakan mulia yang dapat menyelamatkan sesama," kata Zudan dalam penyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (19/1).

Zudan menambahkan, masa pandemi Covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhir. Ia mengingatkan, saat ini menjadi momentum bagi ASN untuk maksimalkan kontribusi demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Berikan prioritas tinggi kepada program kesehatan, termasuk program pemulihan Covid melalui donor konvalesen ini," ujar Zudan.

Apalagi saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) baru bisa menyediakan seribu donor plasma konvalesen setiap bulannya. Padahal menurut Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, masih dibutuhkan lima ribu pendonor plasma konvalesen setiap bulan di seluruh Indonesia.

Zudan meminta para ASN anggota Korpri yang sudah pulih atau sembuh total dari Covid-19 segera menghubungi kantor PMI terdekat untuk mendonorkan plasma darahnya. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ini menuturkan, donor dengan metode plasma darah, yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, kemudian diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa perawatan.

Tujuannya, untuk membentuk antibodi dalam tubuh pasien untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis. "Setiap ASN penyintas yang mendonorkan plasma konvalesen mempunyai sumbangsih besar terhadap kehidupan," kata Ketum Korpri.

Secara khusus, Zudan mengapresiasi sejumlah tokoh nasional yang sudah mendonorkan plasma konvalesennya untuk pasien Covid-19. Pada Senin (18/1) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendonorkan plasma konvalesennya saat pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma.

Menurut Zudan, tindakan Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu patut ditiru. Airlangga memberi teladan yang baik sebagai pemimpin bagi masyarakat.

"Patut diteladani, contoh yang sangat baik," ujar Zudan soal donor plasma yang dilakukan Airlangga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA