Senin 18 Jan 2021 12:45 WIB

Cendekiawan Muslim Dunia Imbau Umat Perangi Rasisme

Rasisme diimbau cendekiawan Muslim untuk diperangi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Cendekiawan Muslim Dunia Imbau Umat Perangi Rasisme. Foto: Ilustrasi aksi stop rasisme.
Foto: EPA/Brendan McCarthy
Cendekiawan Muslim Dunia Imbau Umat Perangi Rasisme. Foto: Ilustrasi aksi stop rasisme.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL --Sekretaris Jenderal Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), Ali al-Qaradaghi mendesak masyarakat untuk melakukan segala upaya untuk memerangi rasisme dan diskriminasi etnis. Karena, menurut dia, rasisme dan diskriminasi dapat menimbulkan bahaya besar bagi kemanusiaan.

Dalam pesan Facebook, Ali al-Qaradaghi memperingatkan terhadap dua kejahatan tersebut. Menurut dia, rasisme dan diskrimasi telah menyebabkan konflik, kekacauan, dan penghinaan sepanjang sejarah.

Baca Juga

Karena itu, Al-Qaradaghi mendesak orang-orang untuk berkumpul dan melakukan segala upaya untuk menghilangkan mereka yang bebuat rasis dan diskriminasi. Apalagi, menurut dia, hukum ketuhanan dan internasional juga melarang rasisme dan diskriminasi etnis.

Dia pun mencontohkan seperti dalam ajaran Islam. Menurut dia, Islam sangat berhati-hati dalam memastikan kesetaraan manusia dengan melarang mereka berbuat rasis dan diskrimnasi. Namun, menurut dia, saat ini rasisme sedang bangkit untuk memerangi penyebaran ajaran Islam.

 

"Namun, kami memperingatkan Barat dan lainnya terhadap rasisme dan efeknya yang menghancurkan pada semua umat manusia, tidak (hanya) Muslim," ujarnya dikutip dari Anadolu Agency, Senin (18/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement