Senin 18 Jan 2021 10:38 WIB

Jamaah Haji Gorontalo Patungan Demi Praktik Manasik Haji

Agar terus mendapatkan materi manasik, jamaah tidak segan-segan patungan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Praktik manasik haji.
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Praktik manasik haji.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji asal Provinsi Gorontalo mulai melaksanakan praktek manasik haji di awal tahun 2021. Praktik manasik haji tersebut dilakukan di Asrama Haji Gorontalo dengan fasilitas yang sudah disesuaikan dengan kondisi di Tanah Suci, seperti miniatur Ka'bah, tawaf, serta lintasan sa'i.

Kepala Seksi Bina Umrah dan Haji Khusus Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Mansur Basir, mengatakan sejak ditundanya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 lalu karena pandemi Covid-19,sejak September lalu pihaknya mulai melaksanakan program manasik haji sepanjang tahun.

Mansur menyebut agar terus mendapatkan materi manasik, jamaah tidak segan-segan mengeluarkan biaya dengan cara patungan dengan jamaah lain. Cara ini mereka lakukan agar dapat melaksanakan manasik haji di asrama haji.

"Mereka patungan untuk membiayai kegiatan setiap tanggal 10 bulan berjalan, hari ini mereka ingin memanfaatkan fasilitas asrama haji yang baru selesai dibangun, di antaranya lintasan Sa'i, pelataran Ka'bah dan studio manasik," kata Mansur dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (18/1).

Dengan semangat ini, Kemenag disebut segera menfasilitasi sarana dan prasarananya, serta menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk menyampaikan manasik haji. Mansur sendiri diberi amanah untuk menyampaikan materi manasik haji, baik teori dan praktik.

Selain dari Kemenag, narasumber lain yang dihadirkan berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi. Petugas dinas kesehatan akan menyampaikan materi terkait kesehatan haji, serta memantau kondisi jamaah.

"Selain itu, kita juga mengundang dari tim kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan jemaah haji," ucap Mansur.

Ia mengapresiasi jemaah haji karena dengan kondisi pandemi seperti ini, jemaah sangat bersemangat untuk melaksanakan serangkaian manasik haji ini.

"Mereka pada jumat (15/1) kemarin telah berada di asrama haji dan nginap satu malam. Tujuannya untuk melakukan orientasi pengenalan kondisi hotel di asrama haji. Mereka juga diberi tahu tata cara menggunakan lift, kamar hotel dan lain-lain," lanjutnya.

Tak hanya itu, Mansur juga menyebut telah berkomunikasi dengan ketua kelompok jamaah haji. Ke depannya akan ada satu kali lagi pemantapan pembekalan manasik haji, sekaligus mencoba manasik pengenalan fasilitas di pesawat.

"Menurut ketua kolompok mereka, akan ada lagi untuk pemantapan satu kali dan sekaligus mencoba pengenalan manasik di pesawat. Saat ini mock up pesawat masih dalam tahap finishing," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement