Ahad 17 Jan 2021 19:03 WIB

Viral Hadits Kekuasaan Dianggap Keuntungan, Benarkah?

Terdapat hadits viral tentang apabila kekuasaan dianggap keuntungan

Terdapat hadits viral tentang apabila kekuasaan dianggap keuntungan. Ilustrasi kekuasaan
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Terdapat hadits viral tentang apabila kekuasaan dianggap keuntungan. Ilustrasi kekuasaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Beredar pesan berantai yang berisi tentang hadits Rasulullah SAW dengan kalimat matan (isi redaksi) pembuka berbunyi “apabila kekuasaan dianggap keuntungan”, benarkah demikian? 

Redaksi Republika.co.id, mencoba melakukan penelusuran pesan yang beredar tersebut berbunyi:

Baca Juga

“Apabila kekuasaan dianggap keuntungan, amanat dianggap ghanimah (rampasan), membayar zakat dianggap merugikan, beiajar bukan karena agama (untuk meraih tujuan duniawi semata), suami tunduk pada istrinya, durhaka terhadap ibu, menaati kawan yang menyimpang dari kebenaran, membenci ayah, bersuara keras (menjerit jerit) di masjid, orang fasig menjadi pemimpin suatu bangsa, pemimpin diangkat dari golongan yang rendah akhiaknya, orang dihormati karena takut pada kejahatannya, para biduan dan musik (hiburan berbau maksiat) banyak digemari, minum keras/narkoba semakin meluas, umat akhir zaman ini sewenang-wenang mengutuk generasi pertama kaum Muslimin (termasuk para sahabat Nabi SAW, tabiin, dan para imam muktabar).

Maka hendaklah mereka waspada karena pada saat itu akan terjadi hawa panas, gempa, longsor dan kemusnahan. Kemudian diikuti oleh tanda-tanda (kiamat) yang lain seperti untaian permata yang berjatuhan karena terputus talinya (semua tanda kiamat terjadi).”(HR Tirmidzi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement