Sabtu 16 Jan 2021 20:54 WIB

Ronaldo: Walau tak Cedera, Saya tak Bisa Seperti Ibrahimovic

Ronaldo sudah pensiun saat berusia 35 tahun pada 2011 lalu.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha
Luis Nazario Lima Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Sebastiao Moreira
Luis Nazario Lima Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Legenda sepak bola Brasil Ronaldo Luis Nazario de Lima memuji ketahanan fisik stiker AC Milan Zlatan Ibrahimovic. Ronaldo merasa takjub karena melihat Ibrahimovic masih sukses menjaga level tertinggi walau sudah mendekati kepala empat. 

Ronaldo mengatakan walau tidak pernah mengalami cedera parah, ia tidak yakin akan bisa bermain sampai usia 39 tahun di level tertinggi seperti yang dilakoni Ibra sekarang.

"Ibra pernah mengatakan kalau dia mengidolakan saya. Tapi sekarang lihat apa yang dia lakukan. Kalau pun dulu saya tidak ada cedera, belum tentu masih bisa bermain sampai usia 40 tahun," kata Ronaldo, dikutip dari Football Italia, Sabtu (16/1).

Ronaldo sudah pensiun saat berusia 35 tahun pada 2011 lalu. Ronaldo tidak sanggup lagi memperpanjang karir profesionalnya karena cedera berkepanjangan. Klub terakhir yang dibela pahlawan Brasil di Piala Dunia 2002 itu adalah Corinthians.

Walau tidak pernah bermain bersama, Ronaldo dan Ibra sama-sama pernah berkostum Barcelona, Inter Milan dan AC Milan di waktu yang berbeda. Kini Ronaldo mengaku senang melihat Ibra kembali membela Milan. Di mana kehadiran bomber asal Swedia itu mengangkat moral AC Milan dan kini bersaing di jalur Scudetto.

Ronaldo merasa persaingan di pentas Liga Italia Serie A musim ini menarik. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya Serie A didominasi Juventus, kini ada beberapa klub yang punya kans menjadi jawara, termasuk Milan dan Inter.

Kemudian Liga Italia juga berisikan bintang-bintang kelas dunia. Selain Zlatan, juga ada Cristiano Ronaldo di Juventus dan Romelu Lukaku di Inter Milan.

Presiden klub Spanyol Real Valladolid itu juga menyinggung mengenai Andrea Pirlo yang semula banyak diragukan menjadi pelatih Juventus. Menurut Ronaldo, bekas rekannya di Milan itu merupakan pelatih berbakat. Ia berharap Bianconeri terus memberikan kepercayaan kepada Pirlo. Karena ia yakin Pirlo punya visi yang kuat untuk membawa tim ke tangga juara. Terlebih selama menjadi pemain, Pirlo adalah pemain sarat prestasi. Baik di level klub maupun negara.

"Juventus harus memberikan Pirlo ruang untuk bereksperimen. Dia adalah sosok yang punya visi kuat," ujar Ronaldo.

Klasemen Serie A hingga giornata ke-17, AC Milan kini duduk di posisi teratas dengan nilai 40 hasil 17 kali main. Di belakang Milan ada Inter dengan selisih 3 poin. Di peringkat tiga AS Roma 34 poin dan Juventus di urutan empat dengan 33 poin.

Akhir pekan ini Juventus akan berhadapan dengan Inter Milan di laga bertajuk Derby d'Italia pada Senin (18/1) dini hari WIB. Inter dan Juve sama-sama memburu kemenangan demi menjaga jarak dengan Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement