Sabtu 16 Jan 2021 07:09 WIB

5 Tanda Covid-19 Sudah Memengaruhi Jantung

Masalah pada jantung mungkin tak disadari bagi penderita Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Masalah pada jantung mungkin tak disadari bagi penderita Covid-19 (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Masalah pada jantung mungkin tak disadari bagi penderita Covid-19 (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi dalam JAMA Cardiology mengungkapkan bahwa sekitar 78 persen sampel studi dari pasien Covid-19 yang muda dan sehat menunjukkan adanya tanda kerusakan jantung. Akan tetapi, semua partisipan tersebut tidak merasakan ada suatu masalah pada jantung mereka.

Mengingat bahwa masalah jantung mungkin tak disadari oleh pasien Covid-19, ada beberapa tanda yang sebaiknya diwaspadai. Bila mengalami tanda atau gejala ini setelah terdiagnosis Covid-19, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini adalah lima tanda tersebut, seperti dilansir EatThis, Sabtu (16/1).

Baca Juga

Tekanan Darah Rendah

Inflamasi pada otot jantung atau miokarditis merupakan salah satu dampak Covid-19 yang berpotensi membahayakan. Miokarditis pada pasien Covid-19 bisa terjadi akibat serangan dari virus SARS-CoV-2 itu sendiri atau bisa juga disebabkan oleh inflamasi yang disebabkan oleh badai sitokin.

"Ketika ini terjadi, jantung Anda bisa membesar dan melemah, yang menyebabkan tekanan darah rendah serta (masuknya) cairan ke paru-paru," jelas Dara K Lee Lewis dari Harvard Medical School.

Tak Ada Gejala

Yang lebih mengkhawatirkan, miokarditis kadang terjadi tanpa disertai oleh gejala. Studi terbaru menunjukkan bahwa inflamasi jantung asimtomatik ditemukan pada pasien Covid-19 yang sudah pulih dari gejala berat penyakit tersebut. Kondisi inflamasi jantung tanpa gejala tersebut ditemukan saat pasien melakukan pemeriksaan pencitraan magnetic resonance.

Lelah

Beberapa studi global menemukan bahwa pemindaian jantung pasien-pasien Covid-19 yang telah pulih menunjukkan adanya peningkatan kadar troponin. Peningkatan ini merupakan indikasi dari adanya kerusakan jantung. Pasien-pasien tersebut tampak mengalami gejala lelah, sesak napas, dan nyeri dada.

BACA JUGA: Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak Ribuan Triliun Rupiah? Ini Fakta-Fakta Terbarunya

BACA JUGA: Viral Pidato Presiden Jokowi Perintahkan "Dor Mereka", Ini Cek Faktanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement