Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Lembutnya Syekh Ali Jaber kepada Anak-Anak Hafidz Quran

Sabtu 16 Jan 2021 06:01 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Syekh Ali Jaber bersama Erwin Raja serta sepasang anak kembarnya, Al Ghazali Tsaqib Janitra Raja dan Al Khalifi Zikri Jonea Raja.

Syekh Ali Jaber bersama Erwin Raja serta sepasang anak kembarnya, Al Ghazali Tsaqib Janitra Raja dan Al Khalifi Zikri Jonea Raja.

Foto: Dokumentasi pribadi
Kelembutan Syekh Ali tercermin dengan memberikan contoh mencium tangan anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sederet kesaksian terhadap kebaikan Syekh Ali Jaber terus terungkap. Syekh Ali yang ketika dikabarkan tersenyum sesaat sebelum dimakamkan ke liang lahat tersebut memiliki banyak murid, sahabat, dan orang-orang yang terkesan dengan kepribadiannya semasa hidup. Syekh Ali disebut tidak hanya mengajarkan, tetapi juga memberikan contoh. Kisah kelembutan Syekh Ali Jaber didapatkan Republika.co.id dari Erwin Raja, mantan produser Hafizd Indonesia yang tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Erwin Raja yang kini dikenal sebagai pegiat dakwah dengan sebutan Ayah Kembar itu merawikan bagaimana kelembutan Syekh Ali Jaber, terutama kepada anak-anak penghafal Alquran. Salah satu pelajaran berharga yang diajarkan dengan cara tindakan adalah ketika Syekh Ali Jaber tidak ragu mencium tangan anak-anak peserta Hafidz Quran.

Pemilik Travel Haji dan Umroh "Bisa Umroh" itu mengungkapkan, awalnya ia mengajukan Syekh Ali Jaber untuk menjadi juri pada season pertama Hafidz Quran. Namun, kata dia, ada sedikit keraguan di manajemen karena Syekh Ali dikira memiliki karakter keras ketika berdakwah. Sehingga, ada sedikit kekhawatiran bagaimana nanti jika Syekh Ali berinteraksi dengan anak-anak.

Tak menyerah, Erwin lalu kembali mengajukan nama Syekh Ali Jaber menjadi juri Hafidz Quran season II. Kali ini, manajemen mengabulkan.

Erwin pun tak membuang waktu dan langsung pergi ke rumah Syekh Ali untuk meminangnya menjadi juri. "Dan alhamdulillah, Syekh Ali setuju. Ketika syuting, masya Allah di luar dugaan. Beliau sangat sangat lembut terhadap anak-anak," kata Erwin dalam pesan suara yang dikirimkan kepada Republika.co.id, Jumat (15/1).

Baca Juga: Perjuangan Ayah Kembar Didik Anak-anaknya Jadi Hafiz Alquran

Pria yang memiliki anak kembar laki-laki penghafal Alquran tersebut menjadi saksi bagaimana sikap Syekh Ali Jaber yang amat lembut kepada anak-anak. Bahkan, Syekh Ali selalu memberikan contoh ketawadhuan seorang ulama kepada anak-anak.

"Beliau pencinta anak-anak banget, penyayang anak-anak. Masya Allah, luar biasa beliau sangat lembut kepada anak-anak. Contoh kebiasaan yang sampai hari ini akhirnya kita lakukan karena mencontoh beliau, yaitu mencium tangan anak kita. Itu beliau lakukan di panggung Hafidz Indonesia. Dan kini menjadi kebiasaan umum (orang tua mencium tangan anak-anak)," kata ayah dari Al Ghazali Tsaqib Janitra Raja dan Al Khalifi Zikri Jonea Raja.

Baca Juga

Baca Juga: Senyum di Wajah Syekh Ali Jaber Sebelum Dimakamkan

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA