Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Syekh Ali Jaber dalam Kenangan Ulama Senior Palestina

Jumat 15 Jan 2021 15:56 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Sosok Syekh Ali Jaber juga disegana ulama senior Palestina

Sosok Syekh Ali Jaber juga disegana ulama senior Palestina

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sosok Syekh Ali Jaber juga disegana ulama senior Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jasa dan ilmu almarhum Syekh Ali Jaber bukan hanya membekas bagi warga Indonesia. Kenangan akan kebaikan dan ilmu dari ulama tersebut pun dikenal dengan dalam oleh Muslim Palestina. 

Untuk mengenang kebaikan serta mendoakan kepulangan Syekh Ali Jaber, ratusan Muslim Palestina menggelar sholat ghaib berjamaah. Sholat Ghaib digelar di Masjid Umari, Kota Jabalia, Gaza Utara, Palestina, Jumat (15/1). Sholat ghaib dilaksanakan ebagai bentuk rasa duka dan belasungkawa dari Muslim di Palestina. 

"Sholat gaib dilakukan Muslim Palestina karena selama hidupnya almarhum Syekh Ali Jaber selalu memberikan dukungan kemanusiaan bagi warga Palestina,  terutama di Jalur Gaza," kata ulama senior di Palestina Syekh Mahmud Abo Jamel (Al-Hafidz), dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/1). 

Baca Juga

Salah satu dukungan Almarhum Syekh Ali Jaber, kata dia, adalah berdakwah dan selalu mengingatkan serta menghimbau kepada para jamaah umat Islam di Indonesia agar tak lupa untuk selalu mendoakan saudaranya di Palestina. 

Umat Islam di Indonesia, lanjutnya, selalu diingatkan Syekh Ali Jaber agar mengingat bahwa bangsa Palestina masih hidup terjajah dan dilanda krisis kemanusiaan. Untuk itu diharapkan senantiasa Indonesia tak lupa membantu Palestina dalam hal kemanusiaan dan agama.   

Pihaknya pun menyatakan bahwa sosok Syekh Ali Jaber bagi Muslim Palestina dikenal sebagai seorang yang ikhlas dalam berdakwah dan sangat dermawan. Untuk itu dia menyebut, rakyat Palestina pun merasa sangat kehilangan akan figur seperti almarhum Syekh Ali Jaber.   

Kenangan akan sosok Syekh Ali Jaber juga membekas di ingatan warga Palestina. Seorang pemuda Palestina di Gaza pernah mengikuti kajiannya di tv, Mutasem menyatakan bahwa sosok Syekh Ali Jaber tak asing dalam dunia dakwah. "Wajahnya tak asing bagi saya karena berkali-kali menyaksikan dakwahnya di Indonesia semasa waktu itu saya berada di Indonesia," ungkapnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA