Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Laporan: Israel akan Lobi AS Agar tak Kritik Saudi

Jumat 15 Jan 2021 13:32 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Israel bersekutu dengan Saudi untuk melawan Iran.

Israel bersekutu dengan Saudi untuk melawan Iran.

Foto: republika
Pejabat Israel menilai kritik terhadap Saudi hanya akan melemahkan perlawanan ke Iran

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel dilaporkan berencana melobi pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) yang dipimpin Joe Biden dari Partai Demokrat untuk membatasi kritik terhadap Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir. Laporan media Axios mengutip pejabat pertahanan Israel mengatakan, kritik tersebut termasuk soal hak asasi manusia hingga perang yang tengah berlangsung di Yaman kepada tiga negara tersebut.

Israel dilaporkan takut bahwa kritik keras terhadap negara-negara Teluk bakal mempengaruhi upaya regional untuk melawan pengaruh Iran. Para pejabat pertahanan Israel juga menilai, bahwa Mesir yang secara diplomatis dekat dengan Israel dalam beberapa tahun terakhir,  bisa menjadi sasaran kritik dari pemerintahan Biden atas pelanggaran hak asasi manusia di negara itu.

Baca Juga

"Kami hampir kehilangan Mesir beberapa tahun yang lalu dan pesan kami kepada pemerintahan Biden adalah: 'Tenang saja, perubahan dramatis terjadi, jangan datang dengan kecenderungan dan jangan merusak hubungan dengan Arab Saudi, Mesir dan UEA,'" kata seorang pejabat senior Israel yang tidak menyebutkan jati dirinya kepada Axios, dikutip laman Middle East Eye, Jumat (15/1).

Kerja sama dengan negara-negara Teluk dan Mesir adalah bagian penting dari strategi keamanan Israel di kawasan yang tujuan utamanya melawan Iran. Pejabat Israel juga berencana untuk mengatakan kepada Biden bahwa kesepakatan normalisasi Israel dengan UEA, Bahrain, Sudan dan Maroko harus diprioritaskan daripada masalah hak.

Pejabat Israel tersebut mengklaim perjanjian normalisasi telah membantu mendorong Arab Saudi dan Mesir untuk meningkatkan hak asasi manusia di negara mereka. Meskipun Israel memiliki hubungan resmi dengan Mesir dan dengan UEA, Tel Aviv tidak memiliki hubungan resmi dengan Arab Saudi.

Pejabat itu mengingatkan bahwa jika hubungan Washington dengan Riyadh dan Kairo memburuk, itu bisa membuat mereka berputar ke arah Rusia dan China.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA