Jumat 15 Jan 2021 08:57 WIB

Saudi Permudah Tunanetra untuk Ibadah Umroh

Jamaah umroh penyandang disabilitas kini semakin mudah dalam melaksanakan ibadah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: republika
Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MEKKAH -- Jamaah umroh penyandang disabilitas kini semakin mudah dalam melaksanakan ibadah di dua masjid suci di Mekkah dan dan Madinah. Ini setelah Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memberikan sejumlah layanan baru untuk membantu para jamaah tunanetra agar lebih mudah dalam menjalankan ibadah umroh.

Dilansir Iqna.ir pada Jumat (15/1) Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melengkapi semua ruang sholat di Masjidil Haram dengan salinan digital Alquran dan data-x-item lainnya yang dibutuhkan dan dapat membantu jamaah tunanetra.

Selain itu otoritas dua masjid suci juga menyiapkan pintu masuk dan jalur khusus untuk memudahkan akses bagi penyandang disabilitas ketika hendak mengikuti sholat. Layanan lainnya adalah pembagian tongkat putih bagi para tunanetra  untuk membantu memandu saat berjalan.

Umroh adalah ibadah haji ke Makkah yang dilakukan oleh umat Islam yang bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, berbeda dengan ibadah haji yang harus dilakukan di bulan Dzulhaji dalam kalender lunar Hijriah. Tahun lalu ibadah umroh dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement