Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Intip Sosok Rafia, Pemain Muslim Penyelamat Juventus

Kamis 14 Jan 2021 21:38 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar

Hamza Rafia (tengah) gembira dengan rekan satu tim setelah mencetak gol 3-2 pada babak 16 besar pertandingan sepak bola piala Italia Juventus FC vs Genoa FC di Stadion Allianz di Turin, Italia, 13 Januari 2021.

Hamza Rafia (tengah) gembira dengan rekan satu tim setelah mencetak gol 3-2 pada babak 16 besar pertandingan sepak bola piala Italia Juventus FC vs Genoa FC di Stadion Allianz di Turin, Italia, 13 Januari 2021.

Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Rafia keluar sebagai pahlawan setelah Juve bermain imbang 2-2 pada waktu normal.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bukan Cristiano Ronaldo, atau Alvaro Morata yang mencuri perhatian pada pertandingan 16 besar Coppa Italia versus Genoa, Kamis (14/1) dini hari WIB tadi. Kemenangan 3-2 i Bianconeri dipersembahkan oleh pemain muda Hamza Rafia.

Rafia keluar sebagai pahlawan setelah Juve bermain imbang 2-2 pada waktu normal. Pesepak bola berusia 21 tahun mencatatkan namanya pada menit ke-104 sekaligus memantapkan langkah Le Zebrette ke perempat final.

Pada laga kali ini pelatih Andrea Pirlo tidak menurunkan skuat terbaiknya. Mengusung formasi 4-4-2 Juve bermain tanpa Ronaldo, Matthijs de Ligt, pun Leonardo Bonucci. Rotasi pemain pun bertujuan untuk menjaga kebugaran tim di tengah jadwal padat.

Adapun Hamza Rafia masuk pada babak kedua menggantikan Manolo Portanova pada menit ke-77, dan sekaligus mencetak gol pertamanya pada debut seniornya bersama Juventus.

"Pada akhir pekan kemarin saya melawan Carrarese bermain untuk Juventus U-23 di Serie C, hari ini saya bermain untuk tim utama dan mencetak gol penentu untuk Juve di Coppa Italia," kata Rafia kepada RAI Sports dikutip Football Italia, Kamis (14/1).

Lahir di Kalaat Senan, Tunisia pada 2 Paril 1999, Rafia memiliki paspor Prancis dan bermain untuk skuat timnas Prancis U-17, dan U-18, sebelum ia akhirnya memutuskan bermain dengan timnas senior Tunisia, yang sudah memiliki tujuh caps.

Rafia merupakan sosok gelandang serang yang juga bisa bermain sebagai sayap kanan, ia melakukan debut internasional pada 6 September 2019 sebagai pemain pengganti dalam pertandingan persahabatan melawan Mauritania.

Karier juniornya di klub bermula di SC Bron Terraillon, AS Bron Grand Lyon, dan kemudian Olympique Lyon. Pada 2017 ia kemudian dipromosikan ke tim cadangan Lyon dan memainkan 25 pertandingan sebelum akhirnya resmi merapat ke Juve pada musim panas 2019.

Rafia dikontrak Juventus hingga Juni 2022 dengan ongkos transfer 5 juta euro, dan selama berada di klub asal Piedmont, Turin, utara Italia Rafia lebih banyak bermain untuk tim muda Bianconeri (U-23) yang berkompetisi di Serie C.

Sebelum malam yang tak terlupakan bersama skuat utama Juve, Rafia lebih dahulu mencetak gol untuk tim muda Juve di ajang Serie C melawan Trenana Juni lalu.

Kini, setelah mencetak gol pertama untuk Le Zebrette Rafia merasa puas dan sangat bersemangat untuk kembali memperkuat skuat sebutan Andrea Pirlo.

"Saya persembahkan tujuan ini untuk ibu saya, tentu saja!."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB