Rabu 13 Jan 2021 21:20 WIB

Doni: Televisi Harus Jadi Contoh Protokol Kesehatan

Doni meminta stasiun televisi mengubah penampilan dan fokus pada penerapan 3M.

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo (kanan)
Foto: Satgas Covid-19
Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan stasiun televisi harus bisa menjadi contoh dalam hal penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat luas. "Saya minta satu hal saja, apa yang dilihat masyarakat kita, itulah yang diharapkan bisa memberikan contoh," kata dia saat diskusi secara daring yang dipantau di Jakarta, Rabu (13/1).

Sebab itu, ia meminta, stasiun televisi di Tanah Air untuk dua hingga tiga pekan ke depan agar bisa mengubah penampilan dan fokus pada penerapan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir. "Saya tidak minta lama-lama, paling tidak dua atau tiga pekan saja," katanya.

Baca Juga

Dalam kurun waktu itu, ia meminta, tayangan di televisi berubah total dalam menerapkan perilaku 3M. Hal tersebut terutama diharapkan menjadi perhatian untuk acara acara realitas yang melibatkan publik figur idola masyarakat.

Hal itu ia utarakan mengingat dan melihat kebiasaan orang Indonesia suka menonton dan pada akhirnya meniru apa yang disaksikan di televisi. Jika positif, yakni menerapkan protokol kesehatan, maka akan berdampak baik begitu pun sebaliknya.

Bahkan, kata dia, stasiun televisi yang menerapkan rekayasa teknologi saja bisa membuat masyarakat salah kaprah dalam menafsirkan. Rekayasa teknologi yang dimaksud ialah seolah-olah dalam suatu acara televisi terdapat penonton padahal tidak ada.

"Tidak semua masyarakat paham itu. Bahkan orang berpendidikan pun kadang bisa terkecoh dan beranggapan acara itu ada penonton padahal tidak ada," ujar dia.

Sebab itu, peran media massa terutama televisi cukup besar dalam mempengaruhi masyarakat terutama menyebarluaskan perilaku protokol kesehatan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement