Selasa 12 Jan 2021 17:11 WIB

BIN Swab Test Warga di Kecamatan Makasar

Penyebaran virus Covid 19 di kecamtan ini tergolong yang tertinggi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Petugas kesehatan mendata warga yang akan menjalani tes Swab Covid-19.
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas kesehatan mendata warga yang akan menjalani tes Swab Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Intelijen negara (BIN) melaksanakan tes usap atau swab massal kepada warga masyarakat di Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. BIN mengerahkan 25 tenaga medis dengan 100-150 alat tes usap untuk mendeteksi Covid-19 terhadap warga dari 10 RW tertinggi penyebaran virus tersebut di Kecamatan Makasar.

"Kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ialah disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Koordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN, Kolonel Inf Budi Santoso, dalam keterangan pers, Selasa (12/1).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 sebagaimana arahan dari Kepala BIN, Jenderal (purn) Budi Gunawan. Kegiatan tersebut dimulai pagi ini pukul 08.00 WIB. Warga Kecamatan Makasar, termasuk petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) mulai berdatangan menuju lokasi kegiatan.

Budi menerangkan, langkah tes yang diinisiasi oleh medical intelijen BIN melalui tes cepat dan tes usap tersebut tidak akan berarti apabila masyarakat tidak patuh serta menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan sendiri terus dianjurkan oleh pemerintah sebagai upaya menyetop penyebaran virus tersebut.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement