Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Polrestro Segera Dirikan Kampung Tangguh Jaya di Kemanggisan

Senin 11 Jan 2021 09:33 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Peresmian Kampung Tangguh Jaya di Cengkareng, Jakbar.

Peresmian Kampung Tangguh Jaya di Cengkareng, Jakbar.

Foto: Antara
Kampung Tangguh Jaya di Ccengkareng diklaim mampu menekan angka penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Barat (Polrestro Jakbar) bersama TNI dan Pemkot Jakbar segera mendirikan Kampung Tangguh Jaya di kawasan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, guna menekan angka penyebaran Covid-19.

“Dalam Kampung Tangguh ini, adanya perangkat-perangkat seperti TNI-Polri, pemerintah, masyarakat dan relawan mempunyai peran yang besar dalam upaya pencegahan Covid-19," ujar Kepala Polrestro Jakbar, Kombes Ady Wibowo di Jakarta, Ahad (11/1).

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran membentuk Kampung Tangguh Jaya di RT 10, RW 16 Kapung, Kecamatan Cengkareng, Jakbar. Setelah beberapa lama dinyatakan zona merah Covid-19, kampung tersebut berhasil menekan angka penyebaran virus tersebut secara signifikan.

“Bahkan saat ini di sana (Kapuk Cengkareng) sudah zero (nihil), sudah tidak ada lagi yang terpapar dengan didirikannya Kampung Tangguh Jaya. Karena sebelum ada kampung tangguh ada 12 orang (terpapar), sekarang jadi nihil atau sudah tidak ada lagi alias terbebas Covid-19," ujar Ady.

Keberadaan Kampung Tangguh Jaya itu seiring dengan kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberlakukan pembatasan sosial kegiatan masyarakat (PSKM) sejak 11-24 Januari 2021.

Tercatat di Jakarta terdapat 55 rukun warga (RW) yang masuk dalam daftar zona merah, salah satunya kawasan Kelurahan Kemanggisan, Palmerah, sehingga perlu dibentuk Kampung Tangguh Jaya. Salah satu warga Kemanggisan, Anwar menyambut baik pembentukan Kampung Tangguh Jaya di lingkungannya.

Anwar berharap besar pada program yang telah terbukti menurunkan angka kasus Covid-19 itu. “Saya terkesan dan mendukung penuh adanya kampung tangguh ini, karena saya pikir ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Anwar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA