Sabtu 09 Jan 2021 09:00 WIB

Omar Rekik, Pemuda Muslim yang Bikin Arsenal Jatuh Hati

Pemain internasional Tunisia merupakan adik dari Karim Rekik

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Omar Rekik
Foto: youtube
Omar Rekik

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal dikabarkan telah merampungkan transfer pemain muda Hertha Berlin, Omar Rekik. Bukan sebuah rahasia besar kalau pemain berusia 19 tahun itu akan pindah ke Emirates Stadium bulan ini, walaupun belum ada konfirmasi resmi dari kedua klub.

Tapi, dikutip dari Football.london, Kamis (7/1), sebuah foto Arsenal U23 dalam sesi latihan di London Colney, terlihat ada Rekik di latar belakang tangkapan gambar tersebut. Sehingga semakin menguatkan kabar kalau Rekik sudah selangkah lagi gabung bersama the Gunners.

Dugaan itu makin menguat setelah tak berapa lama foto tersebut dihapus. Manajer akademi Arsenal Per Mertesacker mengatakan kalau Rekik akan segera berlatih ke skuad senior jika sudah resmi bergabung.

Arsenal sebenarnya lebih ingin meminjam Rekik dari klub Bundesliga tersebut, untuk menambah transisi di lini pertahanan. Siapa sebenarnya Omar Rekik? Sehingga Arsenal begitu menginginkannya.

Rekik merupakan pemain kelahiran Belanda, namun juga memiliki kewarganegaraan Tunisia. Ia pernah bermain di tim remaja Feyenoord, Manchester City, PSV, dan Marseille. Rekik berposisi sebagai bek tengah, namun kerap main berada di kiri maupun gelandang bertahan.

Pemain internasional Tunisia merupakan adik dari Karim Rekik, yang meninggalkan Hertha demi bergabung dengan raksasa Spanyol, Sevilla. Namun tak seperti sang kakak yang lahir di Tunisia, pemain Muslim itu lahir di Belanda pada 20 Desember 2001, tepatnya di Den Haag.

Sejauh ini, sebagian besar keputusan transfernya berdasarkan kepindahan sang kakak, yang merupakan alasan utama di balik kepindahannya ke Hertha. Sejauh ini Rekik hanya tampil di tim junior Berlin yang bermain di divisi keempat Jerman (Regionalliga).

Dia menjadi penghuni bangku cadangan untuk tiga pertandingan Bundesliga musim lalu yang mengisyaratkan fakta bahwa dia dianggap sebagai pemain yang harus diperhatikan oleh tim utama.

Sebelum musim lalu, ia mencatatkan 31 dan 18 penampilan untuk U19 Bundesliga Nord dalam dua musim pertamanya bersama Hertha, termasuk delapan kali musim ini, meskipun belum pernah dimainkan di skuad utama.

Namun dia menunjukkan perkembangan yang konstan. Karena itu Rekik akan menjadi tambahan berguna untuk Arsenal U23 dengan harapan bisa lolos ke tim utama jika ada kesempatan seperti di Piala Liga atau Liga Europa.

Rekik dinilai memiliki potensi untuk menjadi pemain tim utama seperti yang dimiliki banyak pemain lain di Liga Inggris U23. Tapi bakat hanyalah batu loncatan untuk apa yang perlu diberikan pekan demi pekan.

Transfer Omar Rekik pertama-tama akan menjadi contoh struktur pemuda yang berpikiran maju dan langkah lain untuk membangun kumpulan pemain muda berkualitas yang berpotensi untuk dipilih dalam waktu dekat.

Sementara itu, pelatih Arsenal Mikel Arteta menyebut akan melakukan pemangkasan skuadnya untuk musim ini. Mesut Ozil kemungkinan besar dijual, setelah tak sekalipun dimainkan sejak awal musim.

Sead Kolasinac, Shkodran Mustafi, dan Sokratis juga dikabarkan akan dilepas. Di sisi lain, Arsenal masih mempertimbangkan situasi Granit Xhaka dan Alexandre Lacazette.

Dengan keputusan Arteta tersebut, maka bukan tidak mungkin Omar Rekik bisa dengan cepat masuk ke skuad utama the Gunners. Apalagi, Arsenal saat ini sedang berusaha kembali ke papan atas Liga Primer Inggris, usai melewati masa suram pada November-Desember lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement