Sabtu 09 Jan 2021 06:07 WIB

RSUI Depok Berikan Harga Khusus Swab PCR Covid-19

Program pemeriksaan Swab PCR ini terbatas jumlahnya sesuai kuota

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Swab PCR, (ilustrasi)
Foto: Antara/Siswowidodo
Swab PCR, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Upaya dukung program pemerintah untuk mempercepat penanganan pemutusan rantai Covid-19, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan harga khusus sebesar Rp 600 ribu untuk pemeriksaan Swab PCR Covid-19 bagi masyarakat umum. Program ini hanya berlangsung selama tiga hari, mulai 9 Januari hingga 11 Januari 2021 di Poli Melati, Gedung Parkir RSUI Lantai 1, Kampus UI, Depok.

"Program pemeriksaan Swab PCR ini terbatas jumlahnya sesuai kuota yang ditetapkan. Masyarakat umum dapat memilih waktu pemeriksaan Swab PCR Covid-19," ujar Humas RSUI Depok, Kinanti dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (8/1).

Adapun jadwal pemeriksaan dibuka pada Sabtu, 9 Januari 2021, pukul 08.00-16.00 WIB, Ahad 10 Januari 2021, pukul 08.00-16.00 WIB dan Senin, 11 Januari 2021, pukul  08.00-10.00 WIB.

"Untuk mempersingkat waktu pemeriksaan, masyarakat yang ingin mendaftar diharuskan melakukan pendaftaran online pemeriksaan Covid-19 terlebih dahulu melalui tautan https://s.id/SWABSUBSIDIRSUI  pada hari H-1 sebelum pemeriksaan dan wajib menunjukkan KTP saat pemanggilan nomor antrian serta mengunggah bukti pembayaran," jelas Kinanti.

Tidak hanya untuk masyarakat umum, lanjut Kinanti, pemeriksaan Swab PCR Covid-19 dengan harga khusus juga diberikan untuk mahasiswa UI dan Pegawai RSUI, yaitu sebesar Rp 350 ribu, dengan syarat yakni masyarakat UI berstatus aktif dengan menunjukan kartu identitas mahasiswa

"Lalu, pegawai dan keluarga pegawai RSUI yang memiliki kartu keluarga yang sama atau alamat yang sama dengan kartu keluarga pegawai RSUI. Melakukan pendaftaran online pemeriksaan COVID-19 melalui tautan https://s.id/SWABWARGAUI2021  pada hari H-1 sebelum pemeriksaan dan mengunggah bukti pembayaran," terangnya.

Dia menambahkan, hasil pemeriksaan Swab PCR Covid-19 akan dikirimkan ke email peserta maksimal Kamis, 14 Januari 2021.

"Pemeriksaan swab (tes swab) merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona dengan menggunakan menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR)," tutur Kinanti.

Dijelaskan Kinanti, dalam tes swab corona, petugas medis akan mengambil sampel lendir dari saluran pernapasan atas melalui hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi materi genetik virus SARS-CoV-2.

"Menurut badan kesehatan dunia WHO, pemeriksaan swab sampai hari ini masih merupakan golden standard untuk pemeriksaan Covid-19, dikarenakan tingkat reliabilitas dan validitasnya yang lebih tinggi dibanding metode pemeriksaan lain. Masyarakat yang membutuhkan informasi layanan pemeriksaan Swab Covid-19 dapat menghubungi nomor telepon RSUI di nomor 021-508 2929 2 atau melalui pesan whatsapp 0811 9113 913," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement