Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Tempat Wisata Batu Tetap Buka Saat PPKM

Jumat 08 Jan 2021 19:20 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Jatim Park, salah satu obyek wisata di Malang, Jawa Timur. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jatim Park hanya 20 persens saat libur tahun baru.

Jatim Park, salah satu obyek wisata di Malang, Jawa Timur. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jatim Park hanya 20 persens saat libur tahun baru.

Foto: Republika/Endah Hapsari
Tempat wisata kota Batu sepi dari wisatawan, bahkan saat libur tahun baru.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Pemerintah Kota Batu menyatakan tidak menutup tempat-tempat wisata yang ada di wilayah tersebut pada saat diterapkannya Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari 2021. Keputusan tersebut diambil karena hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan yang ke sejumlah tempat wisata masih jauh di bawah kuota yang telah ditetapkan.

"Mereka tetap buka, tapi siapa yang akan datang? Pada saat tahun baru, hanya (terisi) 10-20 persen saja. Tempat wisata operasionalnya tidak mencukupi alias merugi, hotel juga demikian," kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat.

Dewanti menjelaskan, salah satu tempat wisata di Kota Batu, yakni Selecta, hanya didatangi kurang lebih 10 persen dari kuota yang tersedia. Berdasarkan dari kuota yang ditetapkan, Selecta bisa menerima 50 persen dari total kapasitas mencapai 12 ribu orang.

Sementara pada tempat wisata lainnya, seperti Jatim Park Group, menurut Dewanti, dari total kuota 50 persen, hanya terisi maksimal 20 persen pada saat libur panjang akhir tahun. Melihat data tersebut, ia memutuskan, tempat-tempat wisata di Kota Batu masih diperbolehkan beroperasi saat PPKM.

"Melihat situasi Kota Batu, saya dapat laporan kunjungan, baik hotel maupun wisata jauh dari target. Seperti Selecta hanya 10 persen, Jatim Park 20 persen, sehingga itu tidak menjadi masalah kerumunan," kata Dewanti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA