Jumat 08 Jan 2021 10:52 WIB

Saham Tesla Melesat Lampaui Facebook

Kapitalisasi pasar Facebook tercatat sebesar 765 miliar dolar AS.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Tesla
Foto: EPA
Tesla

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Saham Tesla melonjak ke rekor tertinggi pada perdagangan Kamis (7/1). Saham perusahaan milik Elon Musk ini menguat hampir delapan persen dan membuat kapitalisasi pasarnya mencapai 774 miliar dolar AS atau setara Rp10.836 triliun. 

Dengan nilai pasar saham tersebut, pembuat mobil listrik ini mampu mengungguli Facebook untuk pertama kalinya. Kapitalisasi pasar Facebook tercatat sebesar 765 miliar dolar AS setelah sahamnya naik sekitar dua persen pada akhir perdagangan kemarin. 

Tesla kini menjadi perusahaan paling berharga kelima di Wall Street, dilansir Reuters, Jumat (8/1). Lebih dari 39 miliar dolar AS saham Tesla dibeli dan dijual selama sesi perdagangan tersebut. 

Kapitalisasi pasar Tesla kini setara dengan gabungan tiga perusahaan besar seperti Apple, Alibaba Group Holding dan Amazon.com. Kekayaan Musk pun meningkat signifikan dan berhasil menggeser posisi pemilik Amazon, Jeff Bezos, dalam deretan orang terkaya di dunia. 

Tesla yang naik lebih dari 700 persen dalam 12 bulan terakhir, sejauh ini telah menjadi perusahaan otomotif paling berharga di dunia. Meskipun saat ini produksinya sebagian kecil dari pesaing seperti Toyota Motor, Volkswagen, dan General Motors.

Analis melihat Tesla memiliki peluang pertumbuhan yang sangat besar. Dari sisi profitabilitas, laba bersih Tesla memang jauh lebih rendah dibandingkan General Motors maupun Facebook.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement