Kamis 07 Jan 2021 09:52 WIB

Dorong Kredit Pertanian, BRI Agro Jalin Kerja Sama TaniHub

BRI Agro dan TaniHub Group mengemas kerjasama ini dengan nama program Indonesia Tani

Rep: novita intan/ Red: Hiru Muhammad
Bank BRI Agro
Foto: briagro.co.id
Bank BRI Agro

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT BRI Agro bekerja sama dengan perusahaan teknologi Agribisnis TaniHub Group terkait ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan. Adapun kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian, dan memperbaiki masalah supply chain industri pertanian dengan pendekatan digital. 

Direktur Teknologi dan Operasi BRI Indra Utoyo mengatakan BRI Agro dan TaniHub Group mengemas kerjasama ini dengan nama program Indonesia Tani. “Diharapkan Program Indonesia Tani, menjadi katalis untuk memajukan industri pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (7/1).

Adapun lingkup kerja sama antara BRI Agro dengan TaniHub Group berupa pembiayaan untuk petani dari BRI Agro melalui TaniFund, pembuatan digital marketplace pertanian dan masih ada inisiatif lainnya. 

Sementara Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang menambahkan sebagai anak perusahaan BUMN, perseroan siap terus berinovasi untuk pemulihan ekonomi nasional yang juga diamanahkan oleh Kementerian BUMN kepada BRI Group. 

"Kami melihat TaniHub Group merupakan partner yang tepat. Kami melihat inovasi dan pengalaman Tanihub Group sebagai perusahaan agri-tech yang sudah berdiri sejak 2016,” ucapnya.

Menurutnya penyaluran kredit BRI Agro sampai September 2020 sebesar 55 persen disalurkan untuk sektor agribisnis. BRI Agro, kata dia, menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang fokus menggarap sektor agribisnis. 

"Kami juga dibekali oleh BRI dengan teknologi digital perbankan yang diharapkan dapat mengakselerasi industri agribisnis di Indonesia,” tambah Ebeneser. 

Berkaca pada pengalaman pada 2020, sektor pertanian mengalami pertumbuhan dibandingkan sektor lainnya yang mengalami kontraksi karena pandemi Covid-19 sejak Maret, sektor pertanian terbukti memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. 

Maka itu, kolaborasi, BRI Agro dan Tanihub Group berharap dapat turut serta dalam memulihkan perekonomian Indonesia. Salah satunya, dengan memberikan kontribusi dalam meningkatkan layanan dan produk digital untuk terus memperluas inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat. "Kolaborasi ini merupakan wujud nyata kerja sama antara BRI Agro sebagai institusi perbankan dan Tanihub Group sebagai Start-Up dan Fintech, untuk terus mendukung pelaku UMKM khususnya agribisnis di Indonesia," ucapnya.

CEO Tanihub Group  Ivan Arie mengatakan kolaborasi dengan BRI Agro dapat membawa peran besar dalam peningkatan kesejahteraan petani Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) triwulan tiga 2020, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang masih bisa tumbuh sebesar 2,15 persen year on year pada masa pandemi Covid- 19. “Petani tidak perlu lagi khawatir mengenai salah satu masalah terbesar mereka, yakni akses permodalan. Bahkan, dengan ekosistem TaniHub Group, para petani juga mendapatkan jaminan pasar,” ucapnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement