Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

Warga Serahkan Seekor Ungka ke BKSDA Bukittinggi

Kamis 07 Jan 2021 01:24 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha

Owa ungko (Hylobates agilis)

Owa ungko (Hylobates agilis)

Foto: Wikipedia
Warga menemukan ungka dalam keadaan terluka di Pasaman.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Warga Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) menyerahkan seekor satwa langka yang dilindungi jenis ungka kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bukittinggi. Warga bernama Syafrina Bahar itu menyerahkan ungka yang telah ia rawat selama beberapa bulan untuk kemudian dirawat di Kebun Binatang Bukittinggi.

"Warga menyerahkan seekor ungka kepada BKSDA pada Senin kemarin. Ungka ini telah selesai dirawat," kata Kepala BKSDA Resor Bukittinggi Vera Ciko, Rabu (6/1).

Ciko mengatakan, warga menemukan ungka di daerah Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, sekitar tiga bulan lalu. Ketika itu, ungka tersebut dalam keadaan terluka di bagian leher dan ketiak. Kemungkinan, menurut Ciko, luka yang dialami ungka ini usai berkelahi dengan hewan lainnya.

Warga merawat ungka tersebut karena merasa kasihan. Syafrina membawa pulang dan mengobati luka-luka ungka tersebut. Setelah sehat, hewan dengan nama latin Hylobates agilis itu dierahkan ke BKSDA.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA