Rabu 06 Jan 2021 18:02 WIB

Tarekat Ideal Menurut Mama Sempur Ulama Tanah Pasundan 

Mama Sempur tekankan pentingnya tarekat yang ideal menurut Islam

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Mama Sempur tekankan pentingnya tarekat yang ideal menurut Islam. Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi
Foto: Amin Madani/Republika
Mama Sempur tekankan pentingnya tarekat yang ideal menurut Islam. Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – KH Tubagus Ahmad Bakri atau lebih dikenal dengan sebutan Mama Sempur merupakan salah satu ulama besar yang lahir di tanah Pasundan. Kematangan ilmu agama Islam Mama Sempur kemudian dituangkan dalam puluhan kitab.

Mama Sempur bisa dikatakan sebagai ulama yang cukup produkif dalam menulis kitab. Dari tangannya telah lahir lebih dari 50 judul kitab yang berserakan di berbagai tempat. Sebagaimana umumnya ulama nusantara, kitab-kitab karya Mama Sempur tersebut ditulis menggunakan aksara pegon.

Baca Juga

Dari beberapa kitab Mama Sempur ada yang saling terkait, yakni ada beberapa pemikiran-pemikiran Mama Sempur yang terdapat di satu kitab, namun terdapat juga di kitab lainnya. 

Beberapa deretan kitab yang ditulis Mama Sempur adalah kitab Cempaka Dilaga, Kitab Maslakul Abror, dan Futuhatut Taubah Fi Shidqi Tawajuhit Thariqah.

 

Selain itu, Mama Sempur juga menulis kitab berjudul Fawaid al-Mubtadi, Maslahat al-Islamiyyah Fi Ahkami at-Tauhiddiyyah, Ishlah al-Balid Fi Tarjamati Qaul al-Mufid,  Risalah al-Waladiyyah, Maslak al-Hal, Tanbihul Ikhwan, Roihatul Wardiyah, Tanbihul Muftarin, Nashaihul Awam, Risalatul Muslihat, Tabshiratul Ikhwan, Ihyaul Mayyit,  Saif adl-Dlarib, Manhajul Ibad Fi Bayani Daf`il Fasad, dan kitab Idlahul Karatoniyah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement