Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Muslimah Berhak Ajukan Syarat dalam Akad Nikah pada Suami

Rabu 06 Jan 2021 16:59 WIB

Red: Ani Nursalikah

Muslimah Berhak Ajukan Syarat dalam Akad Nikah pada Suami

Muslimah Berhak Ajukan Syarat dalam Akad Nikah pada Suami

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Suami harus menyetujui semua syarat dan dimasukkan dalam akad nikah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam memberi hak kepada kaum wanita untuk mengajukan syarat dalam akad nikah. "Ugbah ibn 'Amir r.a. meriwayatkan Rasulullah berkata, "Dari semua syarat yang harus kamu penuhi syarat-syarat yang menjadikannya sah untuk melakukan hubungan seks (maksudnya akad nikah) adalah yang paling utama untuk dipenuhi." (HR Bukhari dan Muslim)

Di antara syarat-syarat yang boleh diajukan oleh seorang wanita muslim dalam akad nikahnya adalah bahwa suaminya tidak memaksanya pindah dari rumah atau dari kotanya atau memaksanya hidup bersama keluarga sang suami atau siapa pun yang tidak disukainya atau bepergian dengannya, atau mengambil istri lagi tanpa mengizinkannya meminta cerai.

Baca Juga

Majdah Amir dalam Buku Pegangan Utama Fiqih Wanita: Segala Hal yang Ingin Anda Ketahui tentang Perempuan dalam Hukum Islam mengatakan, meski demikian, banyak wanita merasa enggan memasukkan syarat-syarat semacam itu meskipun semuanya merupakan hak yang diberikan padanya dalam Islam. Syarat lain yang bisa disebutkan dalam akad nikah adalah hak wanita melanjutkan pendidikannya setelah menikah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA