Rabu 06 Jan 2021 15:57 WIB

7 Film dengan Iringan Musik Terbaik Sepanjang 2020

Film Soul memiliki cerita filosofis dan musik pengiring yang khas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Soul. Film ini dinilai memiliki iringan musik terbaik sepanjang 2020.
Foto: Disney/Pixar.
Salah satu adegan dalam film Soul. Film ini dinilai memiliki iringan musik terbaik sepanjang 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Hanya karena banyak film ditunda penayangannya, tidak berarti kualitas kontennya menurun. Berbagai aspek dalam sinema, termasuk skor film alias iringan musik orisinal, digarap dengan maksimal oleh para sineas.

Ada sejumlah film yang patut diapresiasi karena alunan musik pengiringnya, mulai dari yang bernuansa orkestra sampai musik elektronik. Berikut beberapa judul yang mengemuka, seperti diulas oleh laman Collider, Rabu (6/1):

1. Soul

Tidak ada yang biasa-biasa saja dalam sinema animasi terbaru besutan Disney dan Pixar, Soul. Ide cerita filosofis tentang kehidupan, juga alunan musiknya sangat khas. Sang tokoh utama, Joe Gardner, adalah guru musik yang mencintai jaz.

Sutradara Pete Docter melibatkan Trent Reznor dan Atticus Ross dari kelompok musik Nine Inch Nails untuk membuat komposisi musik di dunia tempat tinggal jiwa-jiwa. Sementara, musik jaz di bumi tempat Joe tinggal digubah oleh John Batiste.

2. Tenet

Tenet termasuk salah satu film menarik sepanjang 2020, salah satunya karena komposisi musik karya Ludwig Goransson yang berdebar kencang tanpa henti. Musisi yang biasa terlibat dalam produksi genre pop itu tidak takut mengeksplorasi nada.

Sang sutradara, Christopher Nolan, memanfaatkan skor tersebut untuk menambah intensitas setiap adegan. Aksi pengejaran mobil, beberapa pria berjalan ke unit penyimpanan, maupun dialog dan instruksi, semua dibanjiri oleh musik dari Goransson.

3. News of the World

James Newton Howard sudah bekerja di Hollywood sebagai penggubah skor film selama hampir empat dekade. Bisa dibilang, karyanya untuk News of the World yang dibintangi Tom Hanks ini adalah salah satu yang fenomenal.

Ada keindahan sekaligus kesenduan pada musik Howard yang elegan, dengan dominasi suara biola. Alunan nada itu mengiringi kisah haru seorang veteran Perang Sipil yang bertandang ke pelosok menyampaikan kabar dunia untuk penduduk AS.

4. Ma Rainey’s Black Bottom – Branford Marsalis

Kisah nyata penyanyi blues Afrika-Amerika generasi pertama, Ma Rainey, diadaptasi jadi sinema Ma Rainey’s Black Bottom. Komposer Branford Marsalis didapuk menggarap skor film, dan hasilnya adalah musik yang kuat dan autentik.

Pemahaman Marsalis tentang aransemen, nada, dan pilihan instrumentasi kekinian tidak membuatnya mengesampingkan estetika klasik jaz yang tradisional. Identitas sosok Ma Rainey pun tersuarakan dengan lantang dan performatif.

5. Wonder Woman 1984

Terlepas dari perdebatan soal ceritanya, skor film Wonder Woman 1984 gubahan Hans Zimmer patut mendapat pujian. Permainan gitar yang ganas, kejutan dengan kunci mayor di beberapa bagian, menjadi eksperimen yang menarik.

Iringan musik itu sesuai untuk sebuah film yang dengan bersemangat menunjukkan estetika Washington di era 1980-an. Ada musik penuh semangat untuk optimisme yang melonjak tinggi tak terkendali, juga banyak paduan suara.

6 Sylvie’s Love – Fabrice Lecomte

Komposisi musik dalam Sylvie's Love mengandalkan kekuatan aransemen orkestra yang sederhana namun megah. Skor film karya Fabrice Lecomte tersebut mengesankan nuansa hangat dan klasik, cocok dengan genre drama romantis.

Kisah cinta Sylvie Parker (Tessa Thompson) dengan pemain saksofon Robert Halloway (Nnamdi Asomugha) di New York tahun 1950-an tergambarkan dengan tepat. Skor film yang melodramatis merepresentasikan cinta dan rindu yang mendalam.

7. Da 5 Bloods

Komposer Terence Blanchard dengan brilian menghadirkan musik yang memuat berbagai latar belakang sekaligus. Ada lantunan nada yang menggemakan trauma para tentara Amerika Serikat saat terlibat Perang Vietnam.

Blanchard juga memasukkan semacam elegi untuk orang-orang tak bersalah yang gugur saat perang. Eksplorasi bunyi-bunyian drum dan alat musik tiup horn menghadirkan getaran film perang yang penuh tragedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement