Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

5 Senjata Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan

Rabu 06 Jan 2021 05:37 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

5 Senjata Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan. Helikopter AH-64 Apache Longbow.

5 Senjata Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan. Helikopter AH-64 Apache Longbow.

Foto: Reuters
Kecanggihan senjata pabrikan AS tidak diakui dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kecanggihan dan daya dari senjata-senjata pabrikan AS memang tidak diragukan lagi oleh mayoritas negara di dunia saat ini. Dalam hal mematikan, senjata dari Angkatan Darat AS juga nyatanya minim kekurangan, meskipun beberapa di antaranya berbiaya terlalu tinggi, terlalu rumit atau lainnya.

Kerumitan itu, bukan diinginkan oleh pasukan AS di lapangan. Tetapi, karena memang diinginkan oleh politikus dan kontraktor pertahanan.

Baca Juga

Meskipun demikian, Angkatan Darat AS saat ini dapat menghasilkan jumlah daya serang yang mencengangkan. Mereka juga diketahui mengirimkannya ke dalam berbagai kontra-pemberontakan perang kecil, hingga pertempuran mekanis perang besar. 

Mengingat besarnya daya dan kapasitas dari senjata Angkatan Darat AS, berikut adalah lima senjata terbaik yang dimiliki AD AS saat ini dikutip dari National Interest, Selasa (5/1).

1. Apache AH-64

Ironisnya, senjata terbaik angkatan darat utama Amerika Serikat saat ini adalah pesawat terbang. Namun, mengingat konflik yang baru-baru ini diperjuangkan oleh militer AS dan segala kemungkinannya, kekuatan udara adalah faktor yang paling menentukan.

Dilengkapi dengan meriam 30 milimeter, rudal Hellfire, dan sensor canggih, Apache mampu mengombinasikan kecepatan, daya tembak, dan jangkauan yang memungkinkan Angkatan Darat untuk menyerang musuh jauh sebelum mereka berada dalam jarak tembak pasukan darat Angkatan Darat. 

Yang lebih penting, Apache adalah kekuatan udara yang dikontrol Angkatan Darat sendiri, daripada harus bergantung pada pesawat Angkatan Udara atau Angkatan Laut untuk mendapatkan dukungan udara dari dekat. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA