Rabu 06 Jan 2021 04:25 WIB

Uni Eropa Khawatir Soal Pengayaan Uranium Iran

Iran melanjutkan pengayaan uranium hingga 20 persen di fasilitas nuklir bawah tanah

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pria berjalan dengan latar mural bendera Iran.  Pemerintah Iran berencana untuk memperkaya uranium hingga 20 persen di fasilitas nuklir bawah tanah Fordo secepat mungkin.
Foto: EPA
Pria berjalan dengan latar mural bendera Iran. Pemerintah Iran berencana untuk memperkaya uranium hingga 20 persen di fasilitas nuklir bawah tanah Fordo secepat mungkin.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS - Komisi Eropa pada Selasa (5/1) mengaku pihaknya menyesali bahwa Iran telah melanjutkan pengayaan uranium hingga 20 persen di fasilitas nuklir bawah tanah. Tindakan tersebut melanggar pakta nuklir 2015 dengan sejumlah negara besar.

Akan tetapi Komisi Eropa yakin bahwa pakta tersebut layak untuk diselamatkan. "Kami sangat prihatin dengan langkah-langkah yang diambil oleh Iran. Tindakan ini melanggar komitmen nuklir Iran dan akan memiliki dampak yang serius," kata juru bicara Komisi saat konferensi pers.

Baca Juga

"Sangat disesalkan tetapi juga sangat penting dan .... bahwa kami mempertahankan kesepakatan tersebut," katanya.

Langkah itu merupakan pelanggaran terbaru Iran terhadap pakta nuklir yang mulai tidak dipatuhi pada 2019. Iran melakukannya sebagai respons atas penarikan Washington dari perjanjian tersebut pada 2018 dan memberlakukan kembali sanksi AS, yang telah dicabut berdasarkan kesepakatan tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement