Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

5 Kebiasaan Sehat untuk Diabetesi

Rabu 06 Jan 2021 00:32 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Pemeriksaan gula darah. Diabetes bisa dicegah dan dilawan dengan gaya hidup tepat.

Pemeriksaan gula darah. Diabetes bisa dicegah dan dilawan dengan gaya hidup tepat.

Foto: Needpix
Diabetesi dapat kendalikan gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengidap diabetes sangat dianjurkan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah kerusakan serius dan meminimalisasi berbagai dampaknya. Penyakit metabolik ini memengaruhi cara tubuh menggunakan gula darah.

Diabetes bisa menjadi kondisi seumur hidup, tetapi dapat dikendalikan jika menjalani perawatan dan pengobatan yang tepat. Pengidap penyakit ini harus menghentikan kebiasaan merokok, minum alkohol, atau mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi.

Tubuh membutuhkan banyak kekuatan untuk melawan penyakit yang juga dikenal sebagai hiperglikemia atau kencing manis ini. Untuk mendukung itu, berikut lima kebiasaan sehat yang baik dilakukan oleh diabetesi.

1. Olahraga rutin
Rutin berolahraga seperti jogging, bersepeda, dan berenang sangat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ketika bergerak, otot menggunakan glukosa dalam tubuh untuk memproduksi energi.

2. Banyak minum
Minum air selalu jadi saran utama bagi siapapun yang ingin tubuhnya tetap sehat, terutama bagi pengidap diabetes. Memastikan tubuh tetap terhidrasi artinya menjamin gula darah dalam batas aman, juga akan membuang racun dalam tubuh.

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Bisa Memperbesar Penis, Benarkah?

Baca Juga

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA