Selasa 05 Jan 2021 20:31 WIB

Makna Sahabat Nabi Muhamm dalam Ilmu Hadits dan Sejarah

Makna Sahabat Nabi Muhammad dalam Ilmu Hadits dan Sejarah Islam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Makna Sahabat Nabi Muhammad dalam Ilmu Hadits dan Sejarah Islam. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: Pixabay
Makna Sahabat Nabi Muhammad dalam Ilmu Hadits dan Sejarah Islam. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Istilah sahabat cukup populer di umumnya masyarakat Muslim. Lalu, apa makna sesungguhnya sahabat Nabi itu?

Pengertian dan makna sahabat menjadi penting jika umat Muslim hendak mempelajari ilmu agama. Sebab tak sedikit ilmu yang disebarkan Rasulullah, disaksikan secara langsung oleh para sahabat. Dan dari sahabat-sahabat Nabi jugalah khazanah hadits dan sunah dapat terkumpul dengan baik.

Baca Juga

Dalam buku Ilmu Living Quran-Hadits karya Ahmad Ubaydi Hasbillah dijelaskan, tidak semua orang yang bertemu Nabi pada masa beliau hidup dapat dikatakan sahabat Nabi. Meskipun dia baik terhadap Nabi, tidak mengganggu dakwahnya, namun dua kriteria itu tidak cukup memberikan penekanan bahwa yang bersangkutan dapat dikatakan sahabat Nabi.

Seorang Muslim yang pernah bertemu dengan Nabi dan berinteraksi dengan beliau, namun belum masuk Islam saat interaksinya dengan Nabi itu, lalu dia baru masuk Islam usai Nabi wafat maka tidak bisa disebut sebagai sahabat Nabi. Atau seorang Muslim pada masa Nabi, namun dia belum pernah bertemu Nabi sama sekali, maka ia tidak bisa disebut sebagai sahabat Nabi.

 

Mereka yang hidup di masa Nabi, yang pernah berinteraksi namun belum memeluk Islam, atau yang hidup semasa namun belum pernah bertemu disebut sebagai mukhadlarmun. Yang mana secara akademis dalam ilmu hadis, statusnya sama dengan tabiin. Begitupula dengan seorang Muslim yang tidak pernah bertemu satupun sahabat Nabi, meskipun hidup sezaman dengan Khulafaurasyidin misalnya, tidak disebut sebagai tabiin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement