Selasa 05 Jan 2021 14:20 WIB

6 Kegunaan Soda Kue untuk Bersih-bersih

Soda kue tidak hanya bagus untuk kue, tapi juga untuk membersihkan peralatan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Soda kue bermanfaat untuk membersihkan beberapa hal.
Foto: onsugar.com
Soda kue bermanfaat untuk membersihkan beberapa hal.

REPUBLIKA.CO.ID,  Soda kue adalah bubuk kecil yang praktis, murah, mudah ditemukan, dan dapat digunakan dengan berbagai cara. Soda kue tidak hanya bagus untuk kue, tapi juga untuk membersihkan. Jadi, selalu berguna untuk menyimpannya di lemari jika Anda membutuhkan cara yang lebih alami untuk membersihkan berbagai peralatan.

Sekarang, perlu diingat baking powder dan soda kue (soda bikarbonat) adalah produk yang berbeda. Keduanya mungkin terlihat persis sama, dan merupakan zat ragi, tetapi soda kue membutuhkan asam, seperti cuka putih, dan cairan untuk aktif saat baking powder hanya membutuhkan cairan.

Baca Juga

Namun, Anda perlu menggunakan baking powder tiga kali lebih banyak dari soda kue karena efeknya tidak sekuat soda kue. Berikut adalah beberapa trik pembersihan terbaik yang dapat Anda coba dengan soda kue:

1. Karpet

Soda kue dapat menyegarkan karpet dan menghilangkan bau. Cukup taburkan di atas karpet, biarkan semalaman, lalu sedot debunya.

Atau, buat pasta air dan soda kue di atas noda yang tebal, biarkan sebentar lalu seka agar area tersebut mengering sebelum menyedotnya. Tips ini juga akan bekerja pada kasur dan sangat baik jika si kecil mengompol.

2. Panci

Untuk panci yang kotor dan gosong bekas sisa masakan, isi dengan air dan panaskan dengan beberapa sendok makan soda kue. Bekas keras itu akan terangkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement