Selasa 05 Jan 2021 10:58 WIB

Tidak Suka dengan Orang Lain? Ini 5 Cara Menghadapinya

Ada kalanya kita bertemu orang lain dan muncul rasa tidak suka.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada kalanya kita bertemu orang lain dan muncul rasa tidak suka (Foto: ilustrasi)
Foto: PxHere
Ada kalanya kita bertemu orang lain dan muncul rasa tidak suka (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sepanjang perjalanan hidup manusia, ada kalanya seseorang akan bertemu dengan orang yang tak dia sukai. Orang yang tak disukai itu bisa saja tetangga, rekan kerja, atau bahkan mertua.

Tak selamanya seseorang bisa menghindar dari orang yang tak dia sukai. Menghindari orang-orang yang tak disukai juga bukan cara yang baik karena itu hanya akan membatasi diri sendiri.

Baca Juga

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar seseorang tetap bisa berhadapan dan berurusan dengan orang yang tak disukai tanpa masalah. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir Independent, Selasa (5/1).

Terima Kenyataan

Disukai oleh semua orang tentu hal yang bagus. Namun hal ini tak selamanya terjadi. Terima kenyataan bahwa adakalanya seseorang tidak cocok dengan orang lain. Tidak cocok bukan berarti Anda atau orang yang tidak Anda sukai merupakan pribadi yang buruk.

Coba Berpikir Positif

Psikolog Dr Susan Krauss mengatakan setiap orang memiliki tingkah laku yang berbeda. Prasangka buruk mengenai orang yang tak disukai mungkin sebenarnya hanya sebuah kesalahpahaman.

Coba untuk tidak berprasangka buruk ketika orang yang tak disukai melakukan sesuatu. Orang tersebut mungkin saja tak memiliki niatan buruk dan hanya memiliki cara berkomunikasi atau berperilaku yang berbeda.

Perhatikan Emosi

Penulis buku A Paperboy's Fable: The 11 Principles of Success Deep Patel mengatakan tiap orang memegang kontrol terhadap bagaimana dia bereaksi terhadap sesuatu. Jangan biarkan orang yang tak Anda sukai merusak hal tersebut dan membuat Anda kehilangan kendali atas emosi Anda sendiri.

Ketika orang yang tak disukai melakukan hal yang memancing emosi, coba untuk mengalihkan emosi tersebut tanpa harus terlibat dengan orang yang tak disukai itu. Cukup beri respon yang netral seperti senyuman atau anggukan.

Patel mengatakan Anda tidak harus setuju dengan semua orang. Namun ketika bertemu dengan orang yang tidak cocok atau berbeda pendapat, sikap yang beradab tetap perlu dipertahankan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement