Selasa 05 Jan 2021 06:57 WIB

Pondok Inspirasi Bogor Gelar Forum Diskusi Internasional

Pondasi International Talk menampilkan narasumber aktivis sosial Liberia Afrika.

Aktivis sosial Liberia Afrika Emmanuel Cooper menjadi narasumber Pondasi International Talk, Ahad (3/1).
Foto: Dok Pondasi
Aktivis sosial Liberia Afrika Emmanuel Cooper menjadi narasumber Pondasi International Talk, Ahad (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pondok Inspirasi menjadikan pandemi Covid-19 sebagai kesempatan untuk banyak belajar walaupun di  rumah saja. “Saat ini kami meluncurkan program Pondasi International Talk. Ini  wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan berbagi bersama dengan pemuda-pemuda luar negeri perihal kepemudaan, aktivitas sosial, pendidikan dan lingkungan.”, papar Indah Prima Desi, kepala Program Internasional Pondok Inspirasi, melalui rilis yang diterima Republika.co.id.  

Pondasi International Talk telah dilaksanakan pada Ahad (3/1) melalui Zoom meeting dan akan berjalan rutin sebulan dua kali dengan peserta mahasiswa dari berbagai kampus baik di Indonesia maupun  luar negeri. Dalam kesempatan pertama, Emmanuel Cooper atau disapa Sagacious merupakan aktivis sosial Liberia Afrika sebagai salah satu tamu diskusi.

Emmanuel aktif sebagai penggerak sosial di bidang pendidikan anak dan kesetaraan gender. Menurutnya perempuan memiliki hak untuk berkarya. Ia menceritakan kondisi sosial di daerahnya yang belum mendukung perempuan untuk maju. ”Kendala yang saya hadapi banyak, bahkan sampai ancaman  sekalipun. Tapi kita harus tetap semangat memperjuangkan hak pendidikan anak-anak dan wanita untuk berkarya.”, tutur aktivis yang mengidolakan Martin Luther King dan Nelson Mandela.

Pada kesempatan yang sama, Indah Prima Desi memaparkan aktivitas Pondok Inspirasi sebagai wadah belajar mahasiswa Indonesia meliputi kepemudaan, penalaran, literasi, program internasional  dan pengembangan komunitas. Indah juga berbagi inspirasi selama dirinya mengikuti Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) dan Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

“Program ini akan kami tindaklanjuti dengan program jangka panjang seperti kerja  sama pertukaran pemuda sehingga akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk belajar.”, tutur  Indah. 

Pondok Inspirasi yang diinisiasi oleh alumni IPB University sejak 2013 merupakan organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Pondok Inspirasi juga mengembangkan Komunitas Inspirator Muda di 15 region di Indonesia dan Komunitas InovasiaID. Selain lolos mengikuti YBH, Pondok Inspirasi juga berhasil menjadi Komunitas Terpilih Community Challenge Kahf, terpilih mengikuti Girl Leadership Program Bersama Menteri Keuangan RI, Young Business Hub di Turki dan terpilih untuk mengikuti YSEALI YOUnified 2020.

Pondok Inspirasi mengemban nilai-nilai ketangguhan, kreativitas, pembelajar dan menginspirasi. Pondok Inspirasi bekerja  sama dengan PT Paragon Technology and Innovation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement