Senin 04 Jan 2021 23:17 WIB

Pemda DIY Mulai Vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari

Tahap pertama vaksinasi di DIY diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Jojon
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan memulai vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari 2021 mendatang. Tahap pertama vaksinasi diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes).

"Proses imunisasi vaksin tahap pertama ini rencana akan dilakukan secara simbolis pada Kamis (14/01) mendatang kepada tenaga kesehatan," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (4/1).

Sultan menyebut, vaksin Covid-19 yang didistribusikan pemerintah pusat ke DIY datang pada Selasa (5/1) untuk tahap pertama. Sejumlah 25.340 dosis vaksin yang datang ke DIY dan akan disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY.

Walaupun begitu, total DIY membutuhkan 2,6 juta dosis vaksin. Sehingga, distribusi vaksin ke DIY ini akan dilakukan secara bertahap.

"Jadi bantuan vaksin itu dilakukan selama empat tahap. Empat tahap itu jumlahnya ada 2.605.179 dosis vaksin," ujar Sultan.

Pada tahap kedua, Sultan menyebut, DIY diperkirakan akan menerima 555.290 dosis vaksin. Pada tahap kedua ini akan diprioritaskan bagi layanan publik dan lanjut usia (lansia).

"Nanti tahap  ketiga 995.353 untuk masyarakat dan yang rentan. Untuk tahap empat 1.067.912 untuk pelaku ekonomi yang esensial dan masyarakat lainnya," jelas Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement