Senin 04 Jan 2021 20:30 WIB

Barreda Juara Etape Kedua Reli Dakar

Pebalap tim Honda Joan Barreda Bort menjuarai etape kedua Reli Dakar.

reli dakar ilustrasi
Foto: Hamad Mohammed/REUTERS
reli dakar ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebalap tim Honda Joan Barreda Bort menjuarai etape kedua Reli Dakar di Wadi Ad-Dawasir, Arab Saudi pada Senin dan merebut pucuk klasemen sementara.

Itu merupakan kemenangan etape kali ke-25 bagi sang pebalap Spanyol, menyamai kompatriotnya Marc Coma di peringkat empat daftar pebalap dengan jumlah kemenangan etape terbanyak di kategori sepeda motor.

Baca Juga

Rekan satu timnya, Ricky Brabec finis runner-up di etape yang menempuh rute Bisha ke Wadi Ad-Dawasir dengan Special Stage sejauh 457km, tiga menit 55 detik berselang dari catatan waktu Barreda.

Pablo Quintanilla dari tim Husqvarna melengkapi podium di peringkat tiga dengan jarak enam menit dua detik.

Kontras dengan rute etape pembuka, jalur di hari kedua melewati area bukit berpasir yang menuntut ketrampilan membalap.

Para peserta harus berhati-hati dalam navigasi jika tidak ingin tersesat dan kehilangan banyak waktu.

Membuka jalan sebagai juara etape pertama nampaknya cukup menyulitkan pebalap KTM Toby Price, seperti halnya yang dialami Brabec pada Minggu.

Sang pebalap Australia tertinggal lima menit 30 detik dari Barreda yang mengambil alih pimpinan catatan waktu lomba setelah check point pertama.

Setelah titik km 46 itu Barreda tampil dominan dan tak terkejar lagi hingga menyelesaikan SS dengan waktu empat jam 17 menit 56 detik.

"Setelah hari yang berat kemarin, saya harus mengerahkan segalanya hari ini," kata Barreda.

"Saya sangat menikmati tipe etape seperti ini. Ini cepat dan lebih baik bagi saya, lebih baik daripada enduro kemarin.

"Saat ini, semuanya sempurna. Tentunya, besok akan menjadi hari yang panjang dan sangat berat kembali... Kami harus tetap tenang dan berada di depan.

Brabec, juara Dakar tahun lalu, membawa dirinya naik ke peringkat dua klasemen umum sementara dengan margin enam menit 23 detik.

Pebalap Botswana Ross Branch finis keempat hari ini namun catatan waktunya cukup membuat sang pebalap Yamaha bertahan di peringkat tiga klasemen dengan jarak enam menit 37 detik, sedangkan Quintanilla di peringkat empat klasemen dengan jarak tujuh menit 16 detik.

Sementara itu Price, yang mengincar gelar ketiganya di Dakar, kewalahan menaklukkan medan bukit berpasir dan finis di peringkat ke-28 dengan jarak 32 menit dari sang juara etape.

Hari yang buruk bagi KTM di saat ketiga pebalapnya terlempar dari peringkat empat besar setelah hari kedua.

Etape tiga pada Selasa akan masih menjelajahi bentang bukit pasir dengan rute memutar di Wadi Ad-Dawasir dengan SS sejauh 403km.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement