Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Jokowi Luncurkan Penyaluran Bansos ke 34 Provinsi

Senin 04 Jan 2021 16:14 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto

Petugas memeriksa data diri warga saat penyaluran bantuan sosial (bansos).

Petugas memeriksa data diri warga saat penyaluran bantuan sosial (bansos).

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Peluncuran bantuan untuk PKH dan Kartu Sembako dilakukan oleh bank-bank milik negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan penyaluran Bantuan Tunai se-Indonesia tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1). Bantuan sosial tersebut yakni terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang akan disalurkan secara langsung.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya luncurkan bantuan tunai se-Indonesia tahun 2021,” kata Jokowi.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan, total anggaran yang akan disalurkan untuk bantuan sosial pada Januari 2021 yakni sebesar Rp 13,93 triliun. Yakni terdiri dari PKH sebesar Rp 7,17 triliun, Kartu Sembako sebesar Rp 3,76 triliun, dan Bansos Tunai sebesar Rp 3 triliun.

Berdasarkan target alokasi anggaran Kemensos untuk masing-masing program bantuan selama 2021 yakni anggaran PKH sebesar Rp 28,7 triliun untuk 10 juta keluarga, Kartu Sembako sebesar Rp 45,12 triliun untuk 18,8 juta keluarga, dan Bansos Tunai sebesar Rp 12 triliun untuk 10 juta keluarga.

Lebih lanjut, Risma menjelaskan, penyaluran program PKH akan dilakukan setiap tiga bulan sekali yakni Januari, April, Juni, dan Oktober. Kemudian program Keluarga Sembako akan disalurkan dalam bentuk bantuan pangan tunai dengan nilai Rp 200 ribu per bulan per keluarga. Dan program Bantuan Sosial Tunai senilai Rp 300 ribu per bulan per keluarga di luar penerima PKH dan Kartu Sembako.

“Peluncuran bantuan tersebut, untuk PKH dan Kartu Sembako dilakukan oleh bank-bank milik negara, BNI, BRI, Mandiri, dan BTN,” tambah Risma.

Sedangkan bagi penerima yang tengah sakit, lansia, dan juga menyandang disabilitas berat, bansos akan disalurkan langsung ke tempat tinggal masing-masing baik oleh Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia.

Presiden Jokowi berharap, bantuan sosial yang disalurkan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan dapat memperkuat daya beli masyarakat sehingga memicu pertumbuhan ekonomi nasional. Ia juga berpesan agar bansos ini dapat dimanfaatkan secara tepat oleh masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA