Ahad 03 Jan 2021 19:08 WIB

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Capai 80 Ribu

Penumpang pesawat diimbau mengunduh dan mengisi eHAC di bandara keberangkatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ratna Puspita
Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada musim arus balik liburan akhir tahun, Ahad (3/1).
Foto: Angkasa Pura II
Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada musim arus balik liburan akhir tahun, Ahad (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memprediksi puncak arus balik Natal dan Tahun Baru 2020/2021 terjadi Ahad (3/1) hari ini. Penumpang pesawat diimbau mengunduh dan mengisi formulir aplikasi eHAC di bandara keberangkatan untuk mendukung kelancaran kedatangan penumpang. 

"Pada puncak arus balik ini dperkirakan Bandara Soekarno-Hatta melayani 80 ribu orang penumpang pesawat dengan 850 penerbangan," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (3/1). 

Baca Juga

Agus mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keberangkatan dan kedatangan berjalan lancar. Salah satunya, mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, alur kedatangan penumpang termasuk terkait pemeriksaan eHAC. 

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 sejak 18 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, pergerakan pesawat di seluruh bandara AP II tercatat 22.111 pergerakan. Sementara pergerakan penumpang pesawat mencapai sekitar 1,75 juta orang. 

"Khusus di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 sampai H+1 jumlah pergerakan pesawat sebanyak 12.590 pergerakan, dan pergerakan penumpang sekitar 1,02 juta orang," kata Awaluddin. 

Awaluddin menuturkan secara umum pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 berjalan lancar di bandara-bandara AP II. Awaluddin memastikan terus memantau perkembangan terkini dan melakukan sejumlah antisipasi serta perbaikan untuk mendukung berjalannya penerbangan dengan baik. 

Awaluddin menambahkan, AP II memastikan seluruh personel dan fasilitas di bandara siap melayani penumpang pada puncak arus balik. “Kesiapan termasuk di Airport Health Center yang merupakan fasilitas bagi calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 di bandara,” kata Awaluddin. 

Dia menuturkan, AP II juga sudah memastikan ketersediaan alat tes Covid-19 khususnya rapid test antigen agar mencukupi. Awaluddin mengatakan prosedur di Airport Health Center juga dipastikan standar, serta protokol kesehatan diterapkan dengan baik di seluruh kawasan bandara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement