Ahad 03 Jan 2021 10:27 WIB

Gara-Gara Pandemi, Parker Merasa Sudah 5 Tahun Latih Fulham

Scott Parker harus menjalani isolasi mandiri karena kasus Covid-19 di Fulham.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih Fulham Scott Parker
Foto: EPA-EFE/Stu Forster
Pelatih Fulham Scott Parker

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Fulham Scott Parker baru sekitar dua tahun menangani Fulham. Akan tetapi, ia merasa seperti telah mendapatkan pengalaman lima tahun gara-gara pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Salah satunya, Parker harus menjalani isolasi mandiri akibat Covid-19.

"Saya pikir tentu saja hampir dua tahun pertama saya dalam manajemen, dengan apa yang telah dilemparkan kepada saya, mungkin telah mempercepatnya menjadi lima tahun. Saya telah mengalami banyak hal. Mengalami banyak hal yang tidak pernah dialami oleh manajer berpengalaman 25 atau 30 tahun dalam permainan ini,” ujarnya dilansir dari Sportsmole, Ahad (3/1).

Baca Juga

Ia menegaskan harus banyak belajar dari sejumlah pelatih berpengalaman. Parker ingin bisa menjadi lebih fleksibel serta mampu memahami situasi tertentu. Ia mengakui telah menjalani dua tahun sulit dan berharap bisa mencapai kesuksesan bersama Fulham.

Pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan kepada semua insan sepakbola, tak terkecuali Parker. Ia bersama seluruh timnya harus memperhatikan protokol kesehatan di tengah padatnya jadwal pertandingan.

Ia memaham setiap orang khawatir terhadap keselamatannya di tengah meningkatnya kasus infeksi Covid-19 di Fulham. Selain itu ada banyak kekhawatiran muncul mulai dampak panjang maupun pendek. Maka dari itu, sebagai pelatih harus bisa memahami situasi setiap orang.

"Saya tidak berpikir ada yang salah atau benar. Saya pikir apa yang benar adalah bahwa setiap orang mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghentikannya lebih jauh lagi dan melindungi semua orang. Itulah yang tampaknya dilakukan setiap orang,” kata dia.

Dua laga Fulham sudah ditunda akibat Covid-19, yakni melawan Tottenham Hotspur dan Burnley.

Parker mengambil alih kursi pelatih Fulham dari Claudio Ranieri pada Februari 2019. Namun ia tak bisa menyelamatkan Fulham dari degradasi pada musim 2018/2019. Klub tetap mempercayakan Parker untuk menjadi pelatih. Fulham promosi setelah menang dalam laga final play-off Championship 2020 yang mengantarkan mereka ke Liga Primer Inggris musim ini.

Kemenangan 2-1 atas Brentford merupakan pertandingan terakhir Fulham sebelum memulai kembali kompetisi 39 hari kemudian. Kemenangan liga pertama mereka dapatkan pada November 2020. Jika Parker sukses membawa Fulham tetap bertahan di Liga Primer Inggris, itu akan menjadi pencapaiannya dalam karier kepelatihannya pada usia muda.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement