Sabtu 02 Jan 2021 20:19 WIB

Tottenham Ungguli Leeds 2-0 pada Babak Pertama

Tottenham memimpin lewat penalti Harry Kane dan gol Song Heung-min.

Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane (kanan) menjebol gawang Leeds United dari titik putih.
Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane (kanan) menjebol gawang Leeds United dari titik putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tottenham Hotspur dalam posisi unggul untuk memenangkan pertandingan pekan ke-17 Liga Primer Inggris kontra Leeds United. Tottenham sementara unggul 2-0 pada babak pertama laga di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu (2/1), lewat penalti Harry Kane dan tendangan first time jarak dekat Son Heung-min.

Tottenham yang diperkirakan akan fokus bertahan menghadapi Leeds yang ofensif mementahkan prediksi. The Lilywhites langsung menggempur tamunya dan mendapat hadiah tendangan bebas saat Jack Harrison melanggar Mart Doherty pada menit ketiga. 

Baca Juga

Semenit kemudian Leeds memberikan ancaman lebih dulu. Ezgjan Alioski melepas tembakan kaki kiri dari arah sebelah kiri kotak 16 Tottenham, ketika menerima operan dari Mateusz Klich. Namun, bola belum menemui sasaran. 

Empat menit berselang, Leeds kembali mendapat peluang saat Luke Ayling mencoba menyolorkan bola, tapi Patrick Bamford terjebak offside. Pada menit ke-10, Mateusz Klich melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16, tapi belum membuahkan hasil. 

Tuan rumah akhirnya membuka peluang mereka di menit ke-13 melalui Tanguy Dombele dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16 ketika menerima umpan dari Ben Davies. Namun, bola berhasil diblokir di lini pertahanan Leeds. 

Sejurus kemudian, Leeds langsung melancarkan serangan balik cepat dengan Patrick Bamford segera melepaskan tembakan dari luar kotak 16 ketika mendapat ruang tembak. Namun bola yang mengarah ke gawang berhasil diselamatkan oleh kiper Hugo Lloris. 

Tottenham kembali mengancam pada menit ke-17. Tandukan Eric Dier dari tengah kotak 16 ketika menerima operan silang Son, diblok pemain Leeds. 

Ancaman berikutnya datang lewat tembakan kaki kiri Harry Kane dari sebelah kiri kotak penalti. Namun bola sepakannya terlalu tinggi.

Pada menit ke-21, Pierre-Emile Hojbjerg melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16 namun masih bisa diselamatkan kiper Illan Meslier. 

Semenit kemudian, Patrick Bamford melepaskan sundulan dari bagian tengah kotak 16 saat menyambut operan dari Raphinha dengan umpan silang, namun bola masih terlalu tinggi.

Pada menit ke-27 Tottenham mendapat hadiah penalti setelah Alioski melanggar Steven Bergwijn di tepi kotak penalti. Kane menyelesaikan penalti dengan tembakan ke tengah gawang dan membawa Tottenham memimpin 1-0. 

Kane kembali mengancam dengan tembakan kaki kanan dari arah sebelah kiri kotak 16 ketika menerima operan dari Bergwijn melalui situasi bola mati, tapi upayanya tak menemui sasaran. 

Tottenham akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-43 melalui gol Son. Umpan silang matang Harry Kane disambut tembakan dari jarak dekat ke tiang dekat yang tak bisa dihentikan Meslier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement